POLA KALIMAT BERITA UTAMA LAMPUNG POST EDISI JANUARI 2013 DAN IMPLIKASINYA

Reni Sofiani, Ni Nyoman Wetty Suliani, Eka Sofia Agustina

Sari


The problem in this research is how is the pattern of sentence of Lampung Post headlines in January 2013 edition. The objectives are to describe the pattern of sentences used and its implication toward Indonesian learning in SMP. This research used descriptive design. The source of data of this research were the headlines sentences pattern. The amount of data sources were seven copies by using purposive sampling techniques. The results show that the amount of obtainable sentences are 158. 2 sentences in pattern S-P, 22 in the pattern S-P-O, 17 sentences in the pattern S-P-Pel, 34 sentences in the pattern S-P-K, 12 sentences in pattern S-P-O-Pel, and 10 sentences in pattern S-P-O-K. Meanwhile, according to the result of finding, there are 61 sentences pattern. The study of variations of sentence patterns implicates toward the learning of the aspect of writing skill.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pola kalimat berita utama Lampung Post edisi Januari 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola kalimat yang digunakan dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif. Sumber data penelitian ini pola kalimat dalam berita utama. Sumber data berjumlah tujuh eksemplar dengan penggunaan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kalimat yang diperoleh berjumlah 158. Pola S-P berjumlah 2 kalimat, pola S-P-O berjumlah 22 kalimat , pola S-P-Pel berjumlah 17 kalimat , pola S-P-Ket berjumlah 34 kalimat , pola S-P-O-Pel berjumlah 12 kalimat, dan pola S-P-O-Ket berjumlah 10 kalimat . Sementara untuk pola kalimat berdasarkan hasil temuan peneliti berjumlah 61 kalimat. Kajian variasi pola kalimat berimplikasi terhadap materi pembelajaran dalam aspek keterampilan menulis.

Kata kunci: berita utama, implikasi, lampung post, pola kalimat.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian: Bandung: Alfabeta.

Sumadiria, AS Haris. 2008. Jurnalistik Indonesia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.