IMPLIKATUR PERCAKAPAN PADA CERPEN MATA MONYET KARYA ARIS KURNIAWAN

Sherly Marlin, Muyassaroh Muyassaroh

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikatur percakapan yang terdapat dalam cerpen Mata Monyet karya Aris Kurniawan. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah berupa metode deskriptif analisis. Implikatur yang diteliti dalam cerpen ini yaitu implikatur dengan tindak tutur langsung-literal, tindak tutur langsung-tidak literal, dan tindak tutur tidak langsung-literal. Dari hasil penelitian tersebut data yang diperoleh yaitu sebanyak 11 implikatur dengan tindak tutur yang berbeda. Oleh karena itu, tulisan ini akan memaparkan implikatur tersebut sesuai dengan tindak tutur yang digunakan.

 

This study aims to determine the conversational implicature contained in the short story Mata Monkey by Aris Kurniawan. The method used in this research is a descriptive analysis method. The implicature studied in this short story is implicature with direct-literal speech acts, direct-inliteral speech acts, and indirect-literal speech acts. From the results of this study, the data obtained were 11 implicatures with different speech acts. Therefore, this paper will describe these implicatures according to the speech acts used.

Keywords: conversational implicature, descriptive analysis, speech acts, short stories

DOI Artikel: http://dx.doi.org/10.23960/Kata.v9.i1.202108


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Choirudin, M. Muhfid, dkk. 2018. Implikatur Percakapa Kumpulan Cerpen Filosofi Kopi dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1-8.

Hilaliyah, Hilda, dan Awaludin. 2016. Implikatur Percakapan pada Novel Teheran dalam Toples Karya Aminatul Faizah. Deiksis, 8(1), 71-85.

Wahyono, Hari. 2015. Variasi Tindak Tutur dalam Cerpen “Tergoda” Karya Dewi Anggraini. Transformatika, 11(2), 1-19.

Wijana, I Dewa Putu. 2001. Implikatur dalam Wacana Pojok. Humaniora, 13(3), 215-220.

Yuniarti, Netti. 2014. Implikatur Percakapan dalam Percakapan Humor. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(2), 225-240.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.