HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MENULIS SISWA KELAS X SMA

Riana Dwi Putra, Edi Suyanto, Muhammad Fuad

Sari


Motivation is one of the important aspects of learning, therefore, how the level of the relationship between achievement motivation with learning to write, is a problem in this study. The goal is to determine the relationship of students 'motivation with students' learning achievement writing class X SMA Tunas Harapan Bandar Lampung. Using the ex-post facto kind correlational study. Data sources are motivation to learn and learning achievement. The results mean value of 67 and the motivation to learn the value of the average write performance by 70, the coefficient of determination with a contribution of 37.3%. Pearson correlation coefficient value of 0.661 is between 0.60 to 0.79, it can be interpreted that the relationship between motivation to learn and the learning achievement of students included in the category is a strong correlation.

Motivasi merupakan salah satu aspek yang penting dalam belaj ar, oleh sebab itu, bagaimana tingkat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar menulis, merupakan masalah dalam penelitian ini. Tujuannya untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar menulis siswa kelas X SMA Tunas Harapan Bandar Lampung. Menggunakan metode ex-post facto jenis correlational study. Sumber data motivasi belajar dan prestasi belajar. Hasil penelitian nilai rata-rata motivasi belajar sebesar 67 dan nilai rata-rata prestasi menulis sebesar 70, koefisien determinasi dengan kontribusi sebesar 37,3%. Nilai koefesien korelasi pearson sebesar 0,661 berada antara 0,60-0,79, dapat diinterpretasikan bahwa hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa termasuk pada kategori korelasi yang kuat.

Kata kunci: hubungan, motivasi belajar, prestasi menulis.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


AM, Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali.

Rosidin, Undang. 2010. Dasar-Dasar dan Perencanaan Evaluasi Pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Uno, M. Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.