BAHASA DAN IDEOLOGI IKLAN AQUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMP

Vhica Penida, Muhammad Fuad, Munaris Munaris

Sari


The problem of this research is how to the language of Aqua mineral water ad based on the function and ideology with the implication of Indonesian language learning in junior high school. The purpose of this research is to describe the function and identify the ideology from the advertisement, and also the implication in Indonesian language learning in junior high school. The method is the descriptive qualitative research. The source of the research is taken from 10 ads. The data collecting techniques in this research are observation and documentation techniques that observe Aqua mineral water ads in 2012-2013. Analysis technique that is used for this research is text analysis technique. Based on this research, the implication of Indonesian language from aspect function concerning the Indonesian language learning, especialy study activity. Cause, advertisment diction can be as source of Indonesian language learning.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bahasa iklan air mineral Aqua dari segi fungsi dan ideologi serta implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi dari iklan air mineral Aqua serta mengidentifikasi ideologi dari iklan serta implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 10 iklan. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan dokumentasi, yakni meneliti iklan air mineral Aqua di stasiun televisi nasional pada periode 2012-2013. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis teks. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui implikasi bahasa iklan air mineral Aqua dari segi fungsi berpengaruh terhadap pembelajaran, khususnya dalam kegiatan belajar. Sebab, diksi pada iklan dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata kunci: bahasa iklan, ideologi iklan, iklan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Renika Cipta.

Depdiknas. 2007. KBBI (Edisi Software). Jakarta: Badan Komunikasi Nasional.

Shimp, A. Terence. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Sumarwan, Ujang Dkk. 2012. Riset Pemasaran dan Konsumen Seri 2. Bogor: PT Penerbit IPB Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.