Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animaker dalam Pembelajaran Daring Sebagai Sumber Belajar pada Teks Iklan, Slogan, Atau Poster pada Siswa SMP Kelas VIII
Sari
This study aims to describe the development of Animaker-based learning media and describe the results of the feasibility of Animaker-based media products in learning advertising texts, slogans, and posters for VIII grade junior high school students. This research used Research and Development (R & D) method which referred to Borg & Gall’s design. Data collection techniques in this study use interviews and observation. The results obtained from Animaker-based learning media produce a product in the form of a learning video which is divided into two parts. The results of this study indicated that the feasibility based on learning and content aspects obtained an average percentage of 85,7% and 93,75% with very decent criteria. The feasibility of the product that has been validated by media experts in the aspect of appearance and the role of the media has the same average percentage of 87.5% and both are very decent criteria.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis Animaker dan memaparkan hasil kelayakan produk media berbasis Animaker dalam pembelajaran teks iklan, slogan dan poster pada siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) oleh Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian media pembelajaran berbasis Animaker pada teks iklan, slogan, atau poster kelas VIII SMP menghasilkan produk berupa video pembelajaran yang dibagi menjadi dua bagian. Pada aspek pembelajaran dan aspek isi dinyatakan sangat layak dengan memperoleh persentase sebesar 85,7% dan 93,75%. Kelayakan produk yang telah diuji oleh ahli media pada aspek tampilan memperoleh rata-rata persentase 87,5 % dan peran media memperoleh rata-rata persentase yang sama yaitu 87,5 % dan kedua aspek yang dinyatakan sangat layak.
Keywords: animaker, poster, slogan
DOI Artikel: http://dx.doi.org/10.23960/Kata.v10.i1.202201
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.