TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SMKN 1 TALANGPADANG DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR

Fenty Tryana Sari, Sumarti Sumarti, Sumarti Sumarti, Nurlaksana Eko Rusminto, Nurlaksana Eko Rusminto

Sari


This research purposes to describe the structure and uses the language rules of report text of observation result of tenth grade of SMK Negeri 1 Talangpadang and it used as teaching material in SMK. The method used descriptive qualitative. The results showed that the structure text of observation report of tenth grade students of SMK Negeri 1 Talangpadang, such as general description, description per section, and description of benefits. The linguistic rules showed that used nouns, adjectives, verbs material, blur words in the name of the writing, copula, words that stated grouping, and not using technical words. The structure and the linguistic rules used as teaching material of tenth grade at Basic Competence 3.2 Analyzing content and linguistic aspects of minimum two report texts of observation Curriculum 2013, 2017 revised edition.

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur dan penggunaan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Talangpadang dan pemanfaatannya sebagai materi ajar di SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Talangpadang meliputi deskripsi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat. Adapun kaidah kebahasaannya menunjukkan banyak menggunakan nomina, adjektiva, kata kerja material, melesapkan kata yang mengatasnamakan penulis, kopula, kata yang menyatakan pengelompokan, dan tidak menggunakan kata-kata teknis. Struktur dan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi ini dimanfaatkan sebagai materi ajar pembelajaran bahasa Indonesia kelas X Kompetensi Dasar 3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

 

Keywords: observation report text, linguistic rules, teaching material


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anlisia, Y. (2017). Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Bandarlampung:Universitas Lampung. Tesis.

Diakses dari: http://digilib.unila.ac.id/27016/4/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEBAHASAN.pdf Diakses pada 30 Desember 2019. 103 hlm.

Dini, M. (2015). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandarlampung Tahun Pelajaran

/2014. Bandarlampung: Universitas Lampung. Skripsi.

Diakses dari: http://digilib.unila.ac.id/7352/Diakses pada 30 Desember 2019. 81 hlm.

Ibrahim, R. & Nana, S. (2012). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2107. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, E. (2017). Jenis-jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesi: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah-langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pres.

Margono, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prastowo, A. (2014). Panduan Praktis Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triana, A. E. (2017). Pembelajaran Memahami Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kalirejo Tahun Ajaran

/2017. Bandarlampung: Universitas Lampung. Skripsi.

Diakses dari: http://digilib.unila.ac.id/25537/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf Diakses pada 10 Oktober 2018. 134 hlm.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.