NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM KUMPULAN CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMA

Feny Novika Sari, Muhammad Fuad, Sumarti Sumarti

Sari


This research purposed to describe the religious values in a collection of short stories Robohnya Surau  Kami created by A.A. Navis. This research used descriptive qualitative method. The data of this research are religious values contained in a collection of short stories. The finding of this research showed that in a collection of short stories Robohnya Surau Kami, there are religious values 1) monotheism; 2) fiqh; and 3) morals. The finding of this research can be implied in learning of eleventh grade high school students at basic competence 3.8 identifying values life in a collection of short stories read. It can be seen in the form of teaching materials on the core activities in the implementation of learning lesson plans.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami  karya A.A. Navis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini ialah nilai-nilai religius yang terkandung dalam kumpulan cerpen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kumpulan cerpen  Robohnya Surau Kami terdapat nilai-nilai religius 1) tauhid; 2)  fikih; dan 3) akhlak. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran SMA kelas XI pada kompetensi dasar 3.8 mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Implikasi ini dapat dilihat dalam bentuk bahan ajar pada bagian kegiatan inti dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

KeywordsReligious valueShort story collection, Implications


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Eko, et al. 2018. Nilai Religius dan Nilai Sosial dalam Cerpen Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Bengkulu: Universitas Bengkulu. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/viewFile/6518/3172

Faizal, et al. 2017. Pemuatan Karakter Religius dalam Pembelajaran Menulis Cerpen sebagai Pengembangan Bahan Ajar untuk Siswa SMP Negeri 2 Ulujami Kabupaten Pemalang. Semarang: Universitas PGRI Semarang. file:///C:/Users/MyUnit/Downloads/Documents/2776-6401-1-PB.pdf

Jauhari, Heri. 2010. Cara Memahami Nilai Relegius dalam Karya Sastra dengan Pendekatan reader’s response. Bandung:Arfino Raya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Kemendikbud.

Lathief, S. 2008. Sastra: Eksistensialisme-Mistisme Religius. Lamongan: Pustaka Ilalang.

Mangunwijaya, Y.B. 1982. Sastra dan Religiusitas. Jakarta: Sinar Harapan.

Musfeptial. 2017. Nilai Religius pada Cerpen Lelaki dari Tanjung Nipah Karya E Widiantoro. Kalimantan Barat: Balai Bahasa. file:///C:/Users/MyUnit/Downloads/1049-3008-1-SM%20(3).pdf

Nafilah. 2019. Unsur-unsur Religius dalam Cerpen Sejuta Langkah Mendaki Mimpi Karya Dian Rahayu. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI

file:///C:/Users/MyUnit/Downloads/3330-10458-2-PB.pdf

Navis, A.A. 2010. Robohnya Surau Kami. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nova, et al. 2017. Nilai Religius dalam Novel Tebelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Jawa Barat: Universitas Galuh. file:///C:/Users/MyUnit/Downloads/779-3047-1-PB%20(1).pdf

Novrizal. 2018. Analisis Nilai Religius dalam Film Negeri 5 Menara Adaptasi dari Novel Ahmad Fuadi. Siliwangi: IKIP Siliwangi. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/viewFile/1454/pdf

Nurgiantoro, B. 2013. Teori Pengajaran Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rokhmansyah, A. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santoso, P. 2004. Sastra Keagamaan dalam Perkembangan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Suhardi, et al. 2018. Nilai Pendidikan Karakter pada Cerpen Waskat Karya Wisran Hadi. Bandung: UPI. file:///C:/Users/MyUnit/Downloads/12151-26161-1-PB.pdf

Tresiana, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.