Perspektif Wartawan dan Guru Bahasa Indonesia Terhadap Paragraf Teks Berita Line Today

Yuni Marlina, Sumarti Sumarti, Iing Sunarti

Sari


This study aimed to describe the journalist perspective and Indonesian teacher the use of paragraphs in the news of Line Today and implies learning Indonesian language in Junior High School. The data found are analyzed using the qualitative description method with the aim of reviewing and describing the problems studied. The data obtained are facts and accountable. Data in research are paragraphs in the news of Line Today which are 1st – 10th of April 2018 edition. The results of the study show that: 1) perspective is taken from three aspects (1) news text; (2) paragraphs news text; (3) reporter’s and Indonesian teacher. 2) The perspective of using paragraphs is implied learning Indonesian language in basic competence. 3.2 Examine structure and language of the news text that is heard and read; and 4.2 Present data and information in the form of verbal and text news with notice structure, language, or verbal aspect.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perspektif wartawan dan guru bahasa Indonesia terhadap penggunaan paragraf pada teks berita Line Today dan mengimplikasikannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Data yang ditemukan dianalisis menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan tujuan pengkajian dan pendeskripsian permasalahan yang diteliti. Data yang didapatkan berupa fakta dan bisa dipertanggungjawabkan. Data dalam penelitian ialah paragraf pada teks berita Line Today edisi 1-10 April 2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perspektif diambil dari tiga aspek dalam wawancara, yaitu (1) teks berita; (2) paragraf teks berita; (3) respon wartawan dan guru bahasa Indonesia. 2) Perspektif penggunaan paragraf diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kompetensi dasar 3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita yang didengar dan dibaca; dan 4.2  Menyajikan data dan  informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan.

Kata kunci: perspektif, paragraf, dan Line Today


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arifin, Zaenal., & Tasai, Amran. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Bungin, Burhan. 2011. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Djajasudarma, Fatimah. 2010. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.

Fitriani, Devi., Sunarti, Iing., & Riadi, Bambang. 2018. Jenis, Struktur, dan Pola Pengembangan Paragraf Buku Teks Bahasa Indonesia dan Implikasinya. Bandarlampung: Universitas Lampung. jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/download/16029/11575 (diunduh pada 1 Juli 2019)

Kosasih. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Khairunnisa, Eneng. 2013. Penerapan Bahasa Jurnalistik Pada Berita Utama Straight News di Surat Kabar Radar Bekasi Edisi 1-5 Oktober 2012 (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. http://respository.uinjkt.ac.id/ (diunduh pada 15 September 2018)

Ulvia, Citra Wnda., Widodo, Mulyanto., & Munaris. 2015. Pola Pengembangan Paragraf Pada Teks Bacaan dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/download/9040/5756 (diunduh pada 1 Juli 2019)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.