Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Kelas X SMA Negeri 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2018/2019

Dyah Ayu Dwikasari, Eka Sofia Agustina, Iing Sunarti

Sari


This research was aimed to describe the planning, implementation, and assessment learning in writing exposition text of the tenth gradestudents  at Class Senior High School 1 Pringsewu . This method was qualitative descriptive. The data source research is learning of writing exposition text with respect to planning, implementation (activities  of teacher and students), and assessment learning. The data accumulation techniques consist of observation, dokumentation, and recording. The result showed that teacher has done three steps of  learning which were planning, implementation, and assessment. In assessment step, teacher did knowledge and skill assessment, but didn’t do affective assessment because affective assessment was religion teacher. Knowledge assessment in learning of writing exposition text  done by using writing and speaking test. While, skill assessment teacher was using perfomance test.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah pembelajaran menulis teks eksposisi meliputi perencanaan, pelaksanaan (aktivitas guru dan siswa), dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri atas observasi, dokumentasi, dan rekaman. Hasil penelitian menunjukkan guru telah melaksanakan tiga tahapan dalam pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada tahap penilaian, guru melaksanakan penilaian pengetahuan dan keterampilan, tetapi tidak melakukan penilaian sikap karena penilaian sikap dilakukan oleh guru Agama. Penilaian pengetahuan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi Kelas X SMA Negeri 1 Pringsewu dilakukan guru menggunakan tes tulis dan lisan. Sedangkan penilaian keterampilan dilakukan guru menggunakan tes kinerja.

Kata kunci: pembelajaran, menulis eksposisi, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Kemendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.

Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosdakarya.

Mudjiono and Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, Sella Destriani. (2016). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Bandarlampung: Universitas Lampung. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/11550

Ridodo, Moli (2015). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi di Kelas X SMA Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Bandarlampung: Universitas Lampung. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/8137

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.