Gaya Bahasa Retoris Novel Rembulan Tenggelam Diwajahmu dan Kelayakannya di SMA

Veppi Septira, Iqbal Hilal, Bambang Riadi

Sari


The objective of this study was to describe the style of rhetorical language in the novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu by Tere Liye and its feasibility as a literary teaching material in high school. The method used in this study was a qualitative descriptive method, and some quotes were chosen from the novel as a data source. The data analyzed in this study is the style of language which consists of phonemes, words, phrases, and clauses from each quote in the novel. The results showed that rhetorical language style in the novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu are repetition, alliteration, asonation, anostropy, apophamus, apostrophe, asindenton, polisindenton, chiasmus, ellipsis, euphemism, litotes, protonon, pleonasm, prolepsis, erotesis, and hyperbole. This novel is worth making as a teaching material because it meets the criteria in selecting teaching materials based on the language, mental maturity (psychology), and cultural background.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya bahasa retoris yang terdapat pada novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan memilih kutipan-kutipan pada novel sebagai sumber data. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah gaya bahasa retoris yang berupa fonem, kata, frasa dan klausa dari setiap kutipan yang terdapat pada novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa retoris yang terdapat dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu adalah repetisi, aliterasi, asonasi, anastrof, apofamus, apostrof, asindenton, polisidenton, kiasmus, ellipsis, eufemismus, litotes, proteron, pleonasme, periphrasis, prolepsis, erotesis dan hiperbola. Novel tersebut layak dijadikan sebagai bahan ajar karena sudah memenuhi kriteria dalam pemilihan bahan ajar berdasarkan aspek bahasa, kematangan jiwa (psikologi), dan latar belakang budaya .

Kata kunci: gaya bahasa retoris, novel, bahan ajar.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Liye, T. (2009). Rembulan Tenggelam Diwajahmu. Jakarta: Penerbit Republika.

Moelong, L.J. (2005).Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhamidah, S., Riadi, B., & Suyanto, E. (2019). Gaya Bahasa pada Kumpulan Puisi Perahu Kertas Karya Sapardi Djoko Damono dan Rancangan Pembelajarannya di SMA. Jurnal Kata: Universitas Lampung.

Pradopo, (2013). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahmanto, B. (1988). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius

Ratna, N.K. (2013). Stilistika, Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. (2013). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.