Majas dalam Novel Petir karya Dewi Lestari Serta Rancangan Pembelajaran Sastra di SMA

Hindun Kusuma Dewi, Kahfie Nazaruddin, Munaris Munaris

Sari


This research was aimed to describe figure of speach simile, metaphor, personification, and hyperbole and to the design of Literature Learning in senior high school. The method used in this study was descriptive qualitative method. The data source is from Petir Novel by Dewi Lestari publishhed by PT. Bentang Pustaka on Februari 2016. The data analyze is the text to to Petir novel by Dewi Lestari.  The research found that there is a dominative number of simile with 39 data and metaphor 29 data. Meanwile, there are 10 data personification and 10 data hyperbole. nifation 100 data of similes. Meanwhile, there are 49 data which consisted of 23 data of metonymies. These data were analyzed based on vehicle and tenor. Simile, metaphor, personification, and hyperbole in Petir can be used as an alternative literature learning for students of class XII even semester with the Basic Competacies 3.9 analyze the content and language of the novel.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan majas simile, metafora, personifikasi, dan hiperbola serta rancangan pembelajaran sastra di sekolah menengah atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah novel Petir Karya Dewi Lestari yang diterbitkan PT. Bentang Pustaka cetakan Februari tahun 2016. Data yang dianalisis adalah teks pada novel Petir Dewi Lestari. Hasil penelitian ini diketahui simile sangat mendominasi dengan 39 data dan metafora dengan 30 data sedangkan personifikasi terdapat 10 data dan hiperbola terdapat 10 data. Data tersebut dianalisis berdasarkan vehicle dan tenor. Simile, metafora, personifikasi, dan hiperbola dalam novel Petir dapat  digunakan sebagai alternatif pembelajaran sastra untuk siswa kelas XII semester genap  dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel.

Kata kunci:  majas, novel, pembelajarannya


Referensi


Nazaruddin, Kahfie. 2011. Penggunaan Gaya Bahasa (Majas) dalam Karya Sastra. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mawadah, Ade Husnul. 2010. Memahami Gaya Bahasa (Majas). Yogyakarta:Katalog Dalam Terbitan.

Nugrahini, Kartika Nurul. 2014. Kepribadian dan Akulturasi Diri Tokoh Utama dalam Novel Supernova Episode Partikel Karya Dewi Lestari. Yogyakarta: UNY.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2012. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Pratiwi, Nazaruddin, Munaris. 2016. Majas dalam Berita Redaksiana di Trans 7 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran. Bandar Lampung: Jurnal Kata Volume 4, Nomor 2. FKIP Universitas Lampung.

Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugono, Dendi. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: BadanPengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suharma dkk. 2010. Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas IX SMP. Yogyakarta: Katalog Dalam Terbitan.

Umami, Munaris, Nazaruddin. 2016. Metafora dan Metonomia dalam Novel Petir Karya Dewi Lestari dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Bandar Lampung: Jurnal Kata Volume 4 Nomor 1. FKIP Universitas Lampung


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.