Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Karya Ilmiah Kelas XI IPA SMAS Immanuel Bandarlampung

Tika Febi Astuti, Munaris Munaris, Sumarti Sumarti

Sari


The purpose of this study was to describe the use of Indonesian spelling in the scientific paper of class XI IPA of SMAS Immanuel. The method used in this study is  qualitative descriptive method. The source of the data in this study is the scientific paper of the students of SMAS Immanuel. Data collection in this scientific paper is carried out with documentation techniques. Data analysis techniques were carried out by analyzing spelling use errors, then juxtaposed with spelling usage data in accordance with the rules. The results of the study show that in the scientific paper of students there is an appropriate use of spelling or not in accordance with the rules of writing. The use of spelling that is not according to rules includes the use of letters, word writing, and punctuation.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada karya ilmiah kelas XI IPA SMAS Immanuel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah karya ilmiah siswa SMAS Immanuel. Pengumpulan data pada karya ilmiah ini dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis kesalahan penggunaan ejaan, kemudian disandingkan dengan data  penggunaan ejaan yang sesuai dengan kaidah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada karya ilmiah siswa terdapat penggunaan ejaan yang sesuai maupun yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan. Penggunaan ejaan yang tidak sesuai kaidah meliputi pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca.

Kata kunci: bahasa Indonesia, penggunaan ejaan, karya ilmiah


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Dalman. 2015. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Raja Grafindo Jakarta.

Kusumaningsih, dewi dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: ANDI.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jak arta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode PenelitianKualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arizona, Nadia. 2016. Penggunaan Ejaan pada Skripsi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lampung Tahun 2014 dan Implikasinya pada Pengajaran Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Kitab Lengkap EYD. Yogyakarta: Balai Pustaka


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.