Pendayagunaan Konteks Tindak Tutur Guru Bahasa Indonesia pada Pembelajaran Debat Kelas X
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendayagunaan konteks dalam tindak tutur guru bahasa Indonesia pada pembelajaran debat di Kelas X SMA Yayasan Pembina Unila Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah percakapan yang terjadi antara guru dan siswa dalam pembelajaran debat di kelas X SMA YP Unila Bandarlampung. Data yang diambil berupa konteks-konteks yang didayagunakan penutur dalam tindak tuturnya baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis cara-tujuan (means-ends). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia mendayagunakan konteks untuk menentukan tuturan yang digunakan saat berbicara dengan mitra tutur serta mendukung keberhasilannya dalam pembelajaran baik itu tindak tutur langsung maupun tidak langsung. Konteks yang didayagunakan oleh guru meliputi konteks peristiwa (Kp), konteks waktu (Kw), konteks susasana (Ks), konteks orang sekitar (Kos), dan juga konteks benda sekitar (Kbs).
Kata kunci: konteks, guru, dan tindak tutur.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Wacana dan Pragmatik. Bandung: PT. Refika Aditama.
Putri, Gustia. 2017. Tindak Tutur Komisif di Pasar Tradisional Pasir Gintung Tanjungkarang dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. . Jurnal Kata Bahasa Indonesia FKIP Unila. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Mulyana. 2005. Kajian Wacana. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.
Pratama, Purnawan Wahyu. 2013. Pendayagunaan Konteks dalam Tindak Tutur Anak Usia Tujuh Tahun dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Kata Bahasa Indonesia FKIP Unila. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Rusminto, Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana: Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rusminto, Nurlaksana Eko. 2010. Memahami Bahasa Anak-Anak. Lampung: Universitas Lampung.
Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Penerbit Ardana Media.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.