Pendayagunaan Konteks Tindak Tutur Guru Bahasa Indonesia pada Pembelajaran Debat Kelas X

Ristama Damayanti, Nurlaksana Eko Rusminto, Eka Sofia Agustina

Sari


This study aimed to describe the used of context of Indonesian teacher's speech acts on learning debates in first grade of Senior High School YP Unila in the academic year 2017/2018. The method used is descriptive qualitative. Sources of research data are conversations that occur between teachers and students in learning debates in first grade of YP Unila Bandarlampung. Data taken in the form of contexts that are utilized by speakers in their speech acts both directly and indirectly.  Data analysis techniques are means-ends. The results showed that Indonesian language teacher the contextualization for their success in teaching whether direct and indirect speech act. Context that is being utilized by the teacher include the context of the event, the context of the time, the context of the atmosphere, the context of the people around, and the context of the surrounding objects.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendayagunaan konteks dalam tindak tutur guru bahasa Indonesia pada pembelajaran debat di Kelas X SMA Yayasan Pembina Unila Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah percakapan yang terjadi antara guru dan siswa dalam pembelajaran debat di kelas X SMA YP Unila Bandarlampung. Data yang diambil berupa konteks-konteks yang didayagunakan penutur dalam tindak tuturnya baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis cara-tujuan (means-ends). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia mendayagunakan konteks untuk menentukan tuturan yang digunakan saat berbicara dengan mitra tutur serta mendukung keberhasilannya dalam pembelajaran baik itu tindak tutur langsung maupun tidak langsung. Konteks yang didayagunakan oleh guru meliputi konteks peristiwa (Kp), konteks waktu (Kw), konteks susasana (Ks), konteks orang sekitar (Kos), dan juga konteks benda sekitar (Kbs).

Kata kunci: konteks, guru, dan tindak tutur.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Wacana dan Pragmatik. Bandung: PT. Refika Aditama.

Putri, Gustia. 2017. Tindak Tutur Komisif di Pasar Tradisional Pasir Gintung Tanjungkarang dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. . Jurnal Kata Bahasa Indonesia FKIP Unila. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.

Pratama, Purnawan Wahyu. 2013. Pendayagunaan Konteks dalam Tindak Tutur Anak Usia Tujuh Tahun dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Kata Bahasa Indonesia FKIP Unila. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana: Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2010. Memahami Bahasa Anak-Anak. Lampung: Universitas Lampung.

Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Penerbit Ardana Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.