Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 4 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018

Dina Maryana, Eka Sofia Agustina, Nurlaksana Eko Rusminto

Sari


This study aims to describe the ability of Indonesian language grade V students in even semester SD Negeri 4 Metro Timur in the academic year 2017/2018. The scope of the study includes four language skills, namely listening, speaking, reading and writing. The method used in the study is descriptive qualitative. The sample in the study is the fifth grade students of C SD Negeri 4 Metro Timur in the academic year of 2017/2018 totaling 30 students. Data collection techniques are carried out by observation, documentation and assignment.The results of this study indicate that the ability to speak Indonesian (listening, speaking, reading, and writing) that has been done by fifth grade students in the even semester of SD Negeri 4 Metro Timur in the academic year 2017/2018 gets the category (Good) with an average value of 74.25.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas V semester genap SD Negeri 4 Metro Timur tahun pelajaran 2017/2018. Ruang lingkup penelitian meliputi empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas V C SD Negeri 4 Metro Timur tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan pemberian tugas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) yang telah dilakukan oleh siswa kelas V semester genap SD Negeri 4 Metro Timur tahun pelajaran 2017/2018 mendapat kategori (Baik) dengan nilai rata-rata 74,25.

Kata kunci: kemampuan, keterampilan berbahasa, metode deskriptif kualitatif.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Murti, Sri. 2015. Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Tersedia: http://repository.unib.ac.id.

Priyatni, E. 2014. Desain Pembalajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Salim, Binti.R.A. 2013. Kemampuan Berbahasa Indonesia Mahasiswa Asing di Universitas Airlangga Surabaya. Tersedia: http://repository.unair.ac.id.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 1980. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tingginehe, dkk. 1983. Kemampuan Berbahasa Indonesia Murid Kelas VI SD di Minahasa: Mendengarkan dan Berbicara. Jakarta: Pusat Bahasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.