Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 4 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018
Sari
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas V semester genap SD Negeri 4 Metro Timur tahun pelajaran 2017/2018. Ruang lingkup penelitian meliputi empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas V C SD Negeri 4 Metro Timur tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan pemberian tugas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) yang telah dilakukan oleh siswa kelas V semester genap SD Negeri 4 Metro Timur tahun pelajaran 2017/2018 mendapat kategori (Baik) dengan nilai rata-rata 74,25.
Kata kunci: kemampuan, keterampilan berbahasa, metode deskriptif kualitatif.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Murti, Sri. 2015. Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Tersedia: http://repository.unib.ac.id.
Priyatni, E. 2014. Desain Pembalajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Salim, Binti.R.A. 2013. Kemampuan Berbahasa Indonesia Mahasiswa Asing di Universitas Airlangga Surabaya. Tersedia: http://repository.unair.ac.id.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 1980. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tingginehe, dkk. 1983. Kemampuan Berbahasa Indonesia Murid Kelas VI SD di Minahasa: Mendengarkan dan Berbicara. Jakarta: Pusat Bahasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.