Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X1 SMAN 1 Way Tenong Lampung Barat

Nia Purnamasari, Edi Suyanto, Iqbal Hilal

Sari


The purpose of this study describes (1) planning, (2) implementation, and (3) assessment of short story writing lessons. The method used in this research is descriptive qualitative. The results showed that teachers have done the stages of planning, implementation, and assessment of learning. In the planning, the teacher makes a learning implementation plan based on the RPP component of Curriculum 2013. Implementation of learning is assembled in the teacher preliminary activities preparing students to follow the learning process, the teacher's core activities to present the material properly, the closing activities of the teacher to reflect and submit the next meeting plan. Assessment conducted by the teacher includes the assessment of attitude competence by observing the attitude of student responsibility, the assessment of knowledge gives the problem and the assessment of performance skills.

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) penilaian pembelajaran menulis cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tahapan perencanaan,  pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen RPP  Kurikulum  2013. Pelaksanaan pembelajaran dirakit dalam kegiatan  pendahuluan guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran, pada kegiatan inti guru menyajikan materi dengan tepat, pada kegiatan penutup guru melakukan refleksi dan menyampaikan rencana pertemuan berikutnya. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup   penilaian   kompetensi sikap dengan mengamati sikap tanggung jawab siswa,  penilaian pengetahuan memberikan soal dan penilaian keterampilan melakukan unjuk kerja .

Kata kunci: pembelajaran, menulis,  cerpen.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Implementasi 2013. Jakarta: Badan PSDMPK-PMP Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Konstektual. Bandung: Refika Aditama.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliani, Ni Nyoman Wetty. 2011. Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra

Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Syafutra, Dewan. 2017. Pembelajaran Menulis Cerita pendek Siswa Kelas XI SMA Muhammadiah 2 Bandar Lampung. Jurnal kata (Bahasa, sastra dan pembelajarannya): Universitas Lampung.

Wahyuni, Tri. 2015. Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Global Madani. Jurnal kata (Bahasa, sastra dan pembelajarannya): Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.