Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X1 SMAN 1 Way Tenong Lampung Barat
Sari
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) penilaian pembelajaran menulis cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen RPP Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran dirakit dalam kegiatan pendahuluan guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran, pada kegiatan inti guru menyajikan materi dengan tepat, pada kegiatan penutup guru melakukan refleksi dan menyampaikan rencana pertemuan berikutnya. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan mengamati sikap tanggung jawab siswa, penilaian pengetahuan memberikan soal dan penilaian keterampilan melakukan unjuk kerja .
Kata kunci: pembelajaran, menulis, cerpen.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Implementasi 2013. Jakarta: Badan PSDMPK-PMP Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Konstektual. Bandung: Refika Aditama.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suliani, Ni Nyoman Wetty. 2011. Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Syafutra, Dewan. 2017. Pembelajaran Menulis Cerita pendek Siswa Kelas XI SMA Muhammadiah 2 Bandar Lampung. Jurnal kata (Bahasa, sastra dan pembelajarannya): Universitas Lampung.
Wahyuni, Tri. 2015. Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Global Madani. Jurnal kata (Bahasa, sastra dan pembelajarannya): Universitas Lampung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.