Penokohan Novel Lelaki Tua Dan Laut Serta Rancangan Pembelajaran Sastra di SMA

Martin Saliman, Kahfie Nazaruddin, Iqbal Hilal

Sari


The aimed of  this study was to describe the characterization in The Old Man and the Sea by Ernest Hemingway and to design its teaching in High Schools. The method that used in this study is descriptive qualitative. The result of the whole analysis in Ernest Hemingway's The Old Man and the Sea novel, found 4 characters that play a role in the story, and there are 40 data about characterizations divided by types of figures as many as 28 data and analysis of image painting of 12 data. The appropriate learning plan is basic competesies 3.9 Analyzing the content and linguistic novel. The activities is to analyze the text and the purpose is students are able to describe characterizations in the novel.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis tokoh, teknik analisis tokoh, dalam novel Lelaki Tua dan Laut karya Ernest Hemingway dan rancangan pemebelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis secara keseluruhan dalam novel Lelaki Tua dan Laut karya Ernest Hemingway ini, ditemukan 4 tokoh yang berperan dalam cerita, dan terdapat 40 data mengenai penokohan yang  dibagi menjadi analisis jenis-jenis tokoh sebanyak 28 data dan analisis pelukisan tokoh sebanyak 12 data. Rancangan pembelajaran yang sesuai yaitu KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Dengan kegiatan menganalisis teks dengan tujuan siswa mampu mendeskripsikan penokohan dalam novel.

Kata kunci :jenis-jenis tokoh, rancangan pembelajaran, dan teknik pelukisan tokoh.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hemingway, Ernest, 1973. Lelaki Tua dan Laut. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya

Nazima. 2014. Penokohan Perempuan Penunggang Harimau dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra SMP. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya): Universitas Lampung.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Semi, M. Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Bandung.

Setiawan, Bagus. 2016. Penokohan pada Novel Pak Guru Karya Awang Surya dan Rancangan Pembelajaran SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.