Penggunaan Bahasa Pada Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 1 Banjar Margo TA 2017/2018
Sari
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa pada karangan siswa SMA kelas XI. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan bahasa pada karangan siswa SMA kelas XI cenderung tepat. Hal tersebut berdasar pada hasil pembahasan yang menunjukkan tingkat ketepatan ejaan dan keefektifan kalimat lebih dominan dibanding ketidaktepatan ejaan dan ketidakefektifan kalimat. Ketepatan penggunaan bahasa 93,65% dan ketidaktepatan penggunaan bahasa 6,35%. Ketepatan penggunaan ejaan banyak ditemukan pada aspek penulisan kata dasar dan kata turunan, sedangkan ketidaktepatan banyak ditemukan pada aspek pemakaian huruf kapital. Keefektifan kalimat ditemukan pada seluruh ciri kalimat efektif yakni kesepadanan, keparalelan, ketegasan, kehematan, kecermatan, kepaduan, dan kelogisan. Ketidakefektifan kalimat banyak ditemukan pada ciri kesepadan. Ketidakefektifan tersebut banyak disebabkan oleh subjek kalimat yang tidak jelas.
Kata kunci: ejaan, kalimat, penggunaan bahasaTeks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arifin, E.Z. dan S. Amran Tasai. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rienka Cipta. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Surabaya: Plato Media.
Finoza, Lamuddin. 2006. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Sasangka, Sry Satrya Tjatur. 2016. Kalimat. Jakarta: Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Siswantoro. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Berbicara. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.