Majas dalam Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar

Endah Prihastuti, Kahfie Nazaruddin, Edi Suyanto

Sari


The problem discussed in this research was how the figure of speech in the collection of short stories Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? and its feasibility as a teaching material in high school. The purpose of this study to describe figure of speech in the collection of short stories and its feasibility as a literary material in high school. The method used was qualitative descriptive method. Sources of research data was short stories in a collection of short stories Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta. Data analysis technique in this research was text analysis. The results showed that the figure of speech contained in a collection of Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? short stories was the figure of speech of simile, metaphor, personification, depersonification, hyperbole, lytotes, irony, allusion, sinekdoke, and metonimia. A collection of short stories Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? deserves to be a teaching material because it meets the criteria in the selection of teaching materials based on curriculum aspects, character building, and literature.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah majas dalam cerpen Kompas 2015 Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan majas dalam cerpen padacerpen tersebut dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah cerpen-cerpen Kompas 2015 Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta?. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majas yang terdapat dalam cerpen Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? adalah majas simile, metafora, personifikasi, dipersonifikasi, hiperbola, litotes, ironi, alusi, sinekdoke, dan metonimia. Kumpulan Cerpen Kompas 2015 Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? layak dijadikan sebagai bahan ajar karenasudah memenuhi kriteria dalam pemilihan bahan ajar berdasarkan aspek kurikulum, pendidikan karakter, dan sastra.

Kata kunci: bahan ajar, cerita pendek, majas.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Kompas. 2015. Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta?. Jakarta: Media Nusantara.

Keraf, Gorys. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Bandung.

Rahmanto, B. 2010. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Priyatni, Endah Tri. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.