Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung

Septi Vina Mulya, Iqbal Hilal, Farida Ariyani

Sari


The purpose of this research is to describe the learning of writing biography text of grade VIII students of SMP Global Madani Bandar Lampung for academic year 2016/2017. Accordingly, this study aims to describe the planning, implementation, and assessment of learning. The method used is qualitative descriptive, the data source is in the form of lesson plan and learning appraisal. The result of the research shows that the learning plan is in accordance with the implementation plan of teacher made learning, but the selection of teaching materials at the meeting. Implementation of learning has been carried out by the teacher, but in the core activities of the first meeting, the teacher did not give time for students to present the results of writing biography texts. Assessments made by teacher include assessment of attitude competence, knowledge competency assessment, and skills competency assessment.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang sumber datanya berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan penilaian pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran buatan guru, namun pemilihan materi ajar pada pertemuan kedua kurang tepat. Pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan oleh guru, namun pada kegiatan inti pertemuan pertama, guru tidak memberikan waktu untuk siswa mempresentasikan hasil menulis teks biografi. Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi penilaian kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian kompetensi keterampilan.

Kata kunci: menulis, pembelajaran, teks biografi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2014. Yogyakarta: Gava Media.

Moelong. Lexy. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosidi, Imron. 2009. MenulisSiapa Takut? Yogyakarta: Kanisius.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung : Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.