Permainan Bahasa Wacana Humor Akun Meme Comic Indonesia di Instagram serta Implikasinya

Nurul Fatonah, Sumarti Sumarti, Bambang Riadi

Sari


The purpose of this research was to describe game of language in phonology, morphology, and semantics in Meme Comic Indonesia humor discourse in instagram and its implication to Indonesian language learning in senior high school. This study used descriptive qualitative method. The results showed that in the phonology field tend to use substitution language game, then in the field of morphology tend to use game abbreviation language, whereas in the semantic field, the most widely used language game is homonym. The results of this study are implicated in learning Indonesian in senior high school class X on anecdote text material. The data serve as an example of anecdote text.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan permainan bahasa dalam bidang fonologi, morfologi, dan semantik pada wacana humor Meme Comic Indonesia di instagram dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bidang fonologi cenderung menggunakan permainan bahasa substitusi, kemudian pada bidang morfologi cenderung menggunakan permainan bahasa singkatan, sedangkan pada bidang semantik, permainan bahasa yang paling banyak digunakan adalah homonim. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X pada materi teks anekdot. Data dijadikan sebagai contoh teks anekdot.

Kata kunci : permainan bahasa, wacana humor, meme.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Maharani, Putu Devi. 2011. Permainan Bahasa Tokoh Punakawan Wayang Cenk Blonk. Bali: Universitas Udayana.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahardi, Kunjana. 2006. Dimensi-dimensi Kebahasaan Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini. Jakarta: Erlangga.

Surastina. 2010. Analisis Wacana: Humor Politik di Televisi. Yogyakarta: Paradigma Indonesia.

Wijana, I Dewa Putu dan Rohmadi. 2011. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Wijana, I Dewa Putu. 2004. Kartun: Studi Tentang Permainan Bahasa. Yogyakarta: Ombak.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.