Gaya Bahasa Kiasan dalam Kumpulan Cerpen BH serta Kelayakannya sebagai Bahan Ajar
Sari
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gaya bahasa kiasan pada kumpulan cerpen BH Karya Emha Ainun Nadjib dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya bahasa kiasan pada kumpulan cerpen tersebutdan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.Sumber data penelitian adalah cerpen-cerpen dalam kumpulan cerpen BH. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks.Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa kiasan yang terdapat dalam kumpulan cerpen BH adalah gaya bahasa simile, metafora, personifikasi, alusi, eponim, epitet, sinekdoke, metonimia, sarkasme, dan sinisme.Kumpulan cerpen BHlayak dijadikan sebagai bahan ajar karena sudah memenuhi kriteria dalam pemilihan bahan ajar berdasarkan aspek kurikulum 2013 dan sastra.
Kata kunci: bahan ajar, cerita pendek, gaya bahasa.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Fuad, Muhammad. 2003. Rumah Ahmad Tohari dalam Kajian Historis Ekspresif . Bandar Lampung: CV Karya Media.
Keraf, Gorys. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Minderop, Albertine. 2005. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013.Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sutawijaya dan Rumini. 1996. Bimbingan Apresiasi Sastra Cerita Pendek dan Novel.Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.