Mitos Pariwara Rokok dan Rancangannya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP

Erda Rismawati, Kahfie Nazaruddin, Bambang Riadi

Sari


This research was aimed to describe the myths in two advertisements of cigarette and to design its learning in Indonesian language as subject at junior high schools. The research method used was descriptive qualitative. Data were obtained from two advertisement of cigarette brand Sampoerna and Djarum that is sung in television year 2016. The results showed that the myth of the Sampoerna Hijau Edition Dorong Rame-Rame is about the togetherness that makes life perfect, while the myth of cigarette advertisement Djarum Coklat Filter Version Goalkeeper is about how to talk well with others. These two advertisements can be used as media in learning Indonesian language of grade VIII odd semester related to KD 3.3 Identifiying ad text, slogan or poster text information from various sources read and heard and KD 4.3 Concluding the content of advertisement, slogan, or posters from various sources.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mitos dalam pariwara rokok dan merancang pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari dua pariwara iklan yang ditanyangkan di televisi tahun 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos dari pariwara rokok Sampoerna Hijau Edisi Rame-Rame adalah tentang kebersamaan yang membuat hidup menjadi sempurna, sedangkan mitos dari pariwara rokok Djarum Coklat Filter Versi Goalkeeper adalah tentang bagaimana berbicara baik dengan orang lain. Kedua pariwara ini dapat dijadikan media dalam rancangan pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII semester ganjil terkait dengan KD 3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan KD 4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber.

Kata kunci : pariwara, mitos, rancangan pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Berger, Arthur Asa. 2000. Tanda-Tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hikmat, M. Mahi. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syamsudin dan Damaianti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaimar, Okke Kisema Sumantri. 2014. Semiotika dalam Amalisis Karya Sastra. Depok: PT komodo Books.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.