Mitos Pariwara Rokok dan Rancangannya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mitos dalam pariwara rokok dan merancang pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari dua pariwara iklan yang ditanyangkan di televisi tahun 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos dari pariwara rokok Sampoerna Hijau Edisi Rame-Rame adalah tentang kebersamaan yang membuat hidup menjadi sempurna, sedangkan mitos dari pariwara rokok Djarum Coklat Filter Versi Goalkeeper adalah tentang bagaimana berbicara baik dengan orang lain. Kedua pariwara ini dapat dijadikan media dalam rancangan pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII semester ganjil terkait dengan KD 3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan KD 4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber.
Kata kunci : pariwara, mitos, rancangan pembelajaran
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Berger, Arthur Asa. 2000. Tanda-Tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hikmat, M. Mahi. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syamsudin dan Damaianti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zaimar, Okke Kisema Sumantri. 2014. Semiotika dalam Amalisis Karya Sastra. Depok: PT komodo Books.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.