Perbedaan Hasil Belajar Menulis Cerpen Menggunakan Numbered Heads Together (NHT) dan Jigsaw

Soviera Vitaloka, Iqbal Hilal

Sari


The objective of this research was to test the differences in the learning resut to write short stories of both method which was used to students in grade IX of SMP Negeri 1 Katibung. The sample of this research was the student in grade IX H and IX G. To reach the goal, the research design that was used is experiment. The data analysist technic in this research was using SPSS 16.0. The average pretest in NHT class was reached 70,32 and 70,41 in Jigsaw class. The differences test of pretest equal variances assumed was indicated 0,944 > 0,05. It was mean there was no differences experiment in the initial capability test result. After the everage posttest in NHT class was 86,26 and in Jigsaw class was 81,8. The differences posttest equal variances assumed was indicated 0,000 < 0,05 it was mean there was differences on the posttest result of using NHT and Jigsaw method.

Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan hasil belajar menulis cerita pendek dari kedua metode yang dipakai pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Katibung. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IX H dan IX G. Untuk mencapai tujuan itu, desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunkan SPSS 16.0. Rata-rata pretes pada kelas NHT 70,32 dan kelas Jigsaw 70,41. Uji perbedaan pretes equal variances assumed menunjukkan 0,944 > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan hasil tes kemampauan awal. Setelah eksperimen rata-rata postes, pada kelas NHT 86,26 dan pada kelas Jigsaw 81,8. Uji perbedaan postes equal variances assumed menunjukkan 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan hasil postes menggunakan metode NHT dan Jigsaw.

Kata kunci: hasil belajar, metode pembelajaran, NHT, jigsaw, menulis cerpen


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali.

Davies, K. Ivor. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali.

Djamarah. 2000. Proses Pembelajaran Interaksi Edukatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Emzir. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali.

Sanusi, Effendi. 2013. Penilaian Pengajaran Bahasa das Sastra. Bandar Lampung Universitas Lampung.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanto, Edi. 2012. Perilaku Tokoh dalam Cerpen Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.