PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA KELAS VII SISWA MTsN 1 BANDAR LAMPUNG
Sari
The problem in this research is learning how to write the eksposition text in class VII MTs 1 Bandar Lampung 2015/2016 school year. The purpose of this study was to describe the learning of writing the eksposition text. This research used a qualitative descriptive method with observation, documentation, and interviews in data collection. Source of data in this research are learning to write the eksposition text. The results showed that all the indicators in the learning plan have been met the teachers. Furthermore, the implementation of learning which includes the introduction, core, and the cover has been implemented by teacher. However, there is an indicator that is not implemented by teacher namely the preliminary activities, where teacher does not deliver the capability to be achieved by learners. Assessment conducted by teacher includes competency assessment attitudes, knowledge, and skills.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII MTs 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara dalam pengumpulan datanya. Sumber data pada penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator dalam perencanaan pembelajaran telah dipenuhi oleh guru. Selanjutnya pada pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup telah dilaksanakan guru. Namun pada pelaksanaan pembelajaran terdapat satu indikator yang tidak dilaksanakan guru, yaitu guru tidak menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kata kunci: menulis, pembelajaran, teks eksposisi.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Afabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.