FUNGSI TOKOH PADA TERBENTUKNYA TEMA DALAM KUMPULAN CERPEN TART DI BULAN HUJAN

Cita Dani Apriyanti, Munaris Munaris

Sari


The problem in this research was how the characters function in supporting the formation of the theme in the short strory collection of Tart di Bulan Hujan and its implication in learning Indonesian high school. This research used descriptive qualitative methods and data collection using text analiysis. Based on data analysis (1) the theme of the social level dominates in determining the theme of the short story collection, (2) the main character becomes a supporting character and become central to the formation of a theme, (3) the results of this study can be used in learning Indonesian curriculum in 2013 at class XI high school.

Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana fungsi tokoh dalam mendukung terbentuknya tema pada kumpulan cerpen Tart di Bulan Hujan dan kegunaannya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan analisis teks. Berdasarkan hasil anaisis data (1) tema tingkat sosial mendominasi dalam penentuan tema pda kumpulan cerpen tersebut, (2) tokoh utama menjadi tokoh pendukung dalam terbentuknya tema dan menjadi sentral terbentuknya tema, (3) hasil penelitian ini dapat digunakan pada pebelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas XI SMA.

Kata Kunci: tokoh, pembelajaran, tema, cerpen.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Luxemburg. 1986. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT. Gramedia.

Minderop, Albertine. 2005. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarya: Yayasan Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Pradopo. 1983. Struktur Cerita Pendek Jawa. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Semi, Atar. 1990. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Suyanto. 2012. Perilaku Tokoh Dalam Cerpen Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.