PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA GLOBAL MADANI BANDARLAMPUNG

Jihan Dili Annisa, Siti Samhati

Sari


The purpose of this research was to describe the learning process in understanding complex procedure text of students in class X SMA Global Madani Bandar Lampung academic year 2015/2016. The research used descriptive qualitative method. Data collecting technique of this research was observation, interview, recording, and documentation such as photo and video. The result of the research showed that teacher had done three steps in learning, they were planning, implementing, and assessing. All the indicators in the learning plan had been completed by the teacher in lesson plan and had followed lesson plan format of 2013 curriculum. Implementation of learning that included teacher and students activity consisted of pre-activity, main activity, and post activity had been done by the teacher. The teachers do the assesment for knowledge and skill aspect.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran memahami teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMA Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, rekaman, dan dokumentasi berupa foto dan video. Hasil penelitian menunjukkan guru melakukan tiga tahap dalam pembelajaran, yaitu perencanaan,pelaksanaan, dan penilaian. Semua indikator dalam perencanaan pembelajaran telah dipenuhi guru dalam RPP dan telah mengikuti format RPP kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi aktivitas guru dan siswa terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup telah dilaksanakan guru. Guru melakukan penilaian pada aspek pengetahuan dan ketrampilan.

Kata kunci: memahami, pembelajaran, teks prosedur kompleks.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ali, Mohammad. 2002. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Hamzah. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Margono. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Triyono. 2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.