PEMBELAJARAN MENGABSTRAKSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMAN 1 BANDAR LAMPUNG

Meta Yulena Sari, Siti Samhati

Sari


This research aimed to describe the planning, implementation and assesment of learning activity in making abstract of the complex procedural text in SMAN 1 Bandar Lampung. This research used descriptive qualitative method by observation technique, documentation and interview in collecting the data. The result of this research showed that the teacher made lesson plan based on lesson plan (RPP) Components in curriculum 2013. In the implementation of lesson plan, there were two activities; teachers and students activity. The teachers activity included three steps; pre-activity, while activity and post-activity. While the student activity included observation, asking, trying, understanding, and communication activity. Evaluation of learning which was done by the teacher was already appropriate to the evaluation technique in curriculum 2013, that is authentic evaluation. The teachers evaluation included evaluation of attitude competence, knowledge competence, and skill competence.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pada kegiatan pembelajaran mengabstraksi teks prosedur kompleks di SMAN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara dalam pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas yaitu, aktivitas guru dan aktivitas siswa. aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan ini terjadi aktivitas siswa yang meliputi aktivitas mengamati, aktivitas menanya, aktivitas mencoba, aktivitas menalar, dan aktivitas mengomunikasikan. Penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru telah sesuai dengan teknik penilaian dalam kurikulum 2013, yakni penilaian autentik. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan dan penilaian kompetensi keterampilan.

Kata kunci: mengabstraksi, pembelajaran, teks prosedur kompleks.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hamalik, Oemar.2014. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kurniasih dan Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulkum 2013: Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Margono. 2007. Metedologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut?. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.