KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI KELAS X SMAN 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2015/2016

Monica Intan Cahya Hartama, Iqbal Hilal

Sari


The problem of this research was the ability of students in arguments essay writing in class X. The purpose of this study was to describe the level of argument essay writing skills in class X. The method used was descriptive method . The sample in this research was class X.7 students of SMAN 7 Bandar Lampung in academic year 2015/2016 amounted to 40 students. The technique used was the written test in the form of an argument essay assignment. The results of this study showed that the average value of students skills in essay writing arguments are in enough categories, for obtaining an average of 64,0. Average per aspect (1) The table of contents is 19,4 with enough category, (2) the arrangement of ideas is 19,0 with sufficient category, (3) the sentence is 13,0 with sufficient category, (4) diction is 6,6 with good category, (5) the spelling is 6,0 with the enough category.

Masalah penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.7 SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 berjumlah 40 siswa. Teknik yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pemberian tugas karangan argumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi adalah kategori cukup, karena memperoleh rata-rata 64,0. Rata-rata per aspek (1) isi karangan 19,4 dengan kategori cukup, (2) penataan gagasan 19,0 dengan kategori cukup, (3) kalimat 13,0 dengan kategori cukup, (4) diksi 6,6 dengan kategori baik, (5) ejaan 6,0 dengan kategori cukup.

Kata kunci: karangan argumentasi, kemampuan menulis, metode deskriptif.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Margono. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, Burhan. 1987. Peniliaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Pamungkas, Sri. 2010. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Jakarta: Cipta Media Karya.

Purwadinata. 1984. Bahasa Indonesia untuk Karang Mengarang. Yogyakarta: UP. Indonesia.

Tarigan, Guntur Henry. 1993. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Guntur Henry. 2008. Menulis Sebagai Suat Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.