KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI KELAS X SMAN 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2015/2016
Sari
Masalah penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.7 SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 berjumlah 40 siswa. Teknik yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pemberian tugas karangan argumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi adalah kategori cukup, karena memperoleh rata-rata 64,0. Rata-rata per aspek (1) isi karangan 19,4 dengan kategori cukup, (2) penataan gagasan 19,0 dengan kategori cukup, (3) kalimat 13,0 dengan kategori cukup, (4) diksi 6,6 dengan kategori baik, (5) ejaan 6,0 dengan kategori cukup.
Kata kunci: karangan argumentasi, kemampuan menulis, metode deskriptif.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Margono. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurgiyantoro, Burhan. 1987. Peniliaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Pamungkas, Sri. 2010. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Jakarta: Cipta Media Karya.
Purwadinata. 1984. Bahasa Indonesia untuk Karang Mengarang. Yogyakarta: UP. Indonesia.
Tarigan, Guntur Henry. 1993. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Guntur Henry. 2008. Menulis Sebagai Suat Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.