KELAYAKAN PENYAJIAN BUKU TEKS MAHIR BERBAHASA INDONESIA KELAS VII SMP/MTS KURIKULUM 2013

Emi Rismawati, Mulyanto Widodo, Eka Sofia Agustina

Sari


The purpose of this research was to describe the presentation of the text book entitled Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII SMP/MTs Curriculum 2013 published by Erlangga based on the feasibility of the book which consists of the presentation teqnique, learning presentation, and completeness of presentation. Method used in this research was method of qualitative descriptive. The source of research was the text book entitled Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII SMP/MTs Curriculum 2013 Published Erlangga that was arranged by educative team Wahono, M.Pd., Drs. Makhrufi, M.Pd., and Sawali, M.Pd. Based on the description of presentation feasibility of the text book entitled Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII SMP/MTs Curriculum 2013 Published by Erlangga has been suitable to the presentation of Curriculum 2013 text book published by BSNP.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyajian dalam buku teks Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 terbitan Erlangga berdasarkan kelayakan penyajian yang meliputi teknik penyajian, kelengkapan penyajian dan kelengkapan penyajian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah buku teks Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII kurikulum 2013 terbitan Erlangga yang disusun oleh tim edukatif Wahono, M.Pd., Drs. Makhrufi, M.Pd., dan Sawali, M.Pd. Berdasarkan deskripsi kelayakan penyajian buku teks Mahir Berbahasa Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII kurikulum 2013 terbitan Erlangga sudah merepresentasikan penyajian buku teks Kurikulum 2013 sesuai dengan pedoman uji kelayakan penyajian buku teks yang dikeluarkan oleh BSNP.

Kata kunci: buku teks, kelayakan penyajian, kurikulum 2013.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alwi, Hasan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Husen, Akhlan dkk., 1998. Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael.1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Nasution, S. 2008. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan H.G dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.