PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PESERTA DIDIK SMA
Abstract
The research aims: 1) to increase lesson plan of writing ability; 2) to increase writing ability lesson proces; 3) to increase achievement of writing ability at students of tenth grade IIS I of SMA Negeri 6 Metro. This research was done by classroom action research approach. Result of this research shown that there is effort of teacher in increasing lesson planing and also increasing writing ability. Average score of writing ability at students of tenth grade IIS I at pre cycle was 65,9 at firt cycle was 71,1 second cycle was 74, 29 and third cycle was 85. It can be concluded that, this research result show that scientific approach can increase students achievement of in writing ability at tenth grade of IIS I of SMA Negeri 6 Metro academic year 2014/2015.
Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) untuk memperbaiki perencanaan pembelajaran keterampilan menulis; (2) untuk memperbaiki proses pembelajaran keterampilan menulis; (3) untuk meningkatkan prestasi belajar keterampilan menulis peserta didik kelas X IIS I melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini, menunjukkan adanya perbaikan pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis, serta peningkatan kemampuan menulis melalui pendekatan saintifik peserta didik kelas X IIS I SMA Negeri 6 Metro. Nilai rata-rata kemampuan menulis peserta didik kelas X IIS I pada pratindakan 65,9, siklus satu 71,1, siklus dua 74,29, dan siklus tiga 85. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik.
Kata kunci: menulis, pendekatan saintifik, peningkatan.
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, Sabarti. G dan Maidar Arsjad serta H. Sakura Riwan. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Herawati, Neti. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 4 Metro. Bandar Lampung :Universitas Lampung.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ibrahim, Abdul Syukur dan Sri Wahyuni. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Reika Aditama.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Bahasa indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 untuk SMA/MAK. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Murdiati, Siti. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentatif Melalui Pendekatan Konstruktivisme pada Peserta Didik Kelas X MAN Kedondong Kabupaten Pesawaran (Tesis). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.