PENOKOHAN PEREMPUAN PENUNGGANG HARIMAU DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA SMP
Abstract
This study aims to describe the characterization in novel Woman of Lion Rider written by M. Harya Ramdhoni focused on understanding the story content having values so can be taken advantage for daily life and describe the characterization relevance in novel Woman of Lion Rider written by M. Harya Ramdhoni with the teaching learning of literature apreciation in school. The method used is qualitative descriptive method. The results showed that the novel Woman of Lion Rider describes the characters by using telling method (1) characterization by using name, (2) characterization by actor, (3) by author utterance and showing method (1) characterization by dialogue, (2) location and situation of dialoque, (3) identity appoinet by speaker, (4) characters’ mental quality, (5) tone of voice, dialect, and vocabulary, (6) characterization by the character action and the characters can be connected with the teaching learning of literature apreciation.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penokohan dalam cerita rakyat Perempuan Penunggang Harimau ditulis M. Harya Ramdhoni yang memfokuskan pemahaman isi cerita yang memiliki nilai-nilai sehingga dapat mengambil manfaat untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan mendeskripsikan relevansi dengan pembelajaran apresiasi sastra di sekolah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Perempuan Penunggang Harimau mengambarkan watak tokoh-tokohnya dengan menggunakan metode langsung karakterisasi melalui penggunaan nama tokoh (2) karakterisasi melalui penampilan tokoh, dan (3) karakterisasi melalui tuturan pengarang dan tidak langsung terdiri atas (1) karakterisasi melalui dialog, (2) lokasi dan situasi percakapan, (3) jatidiri tokoh yang dituju oleh penutur, (4) kualitas mental para tokoh, (5) nada suara, tekanan, dialek, dan kosa kata, dan (6) karakterisasi melalui tindakan para tokoh.dan watak para tokoh ini dapat direlevansikan dengan pengajaran apresiasi sastra.
Kata kunci: cerita rakyat, pembelajaran sastra, penokohan.
Full Text:
PDFReferences
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.
Nawawi, Hadari dan Mimi Martini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Priyadi, A. Totok. 2010. Analisis Struktur dan Makna Cerita Rakyat Dayak (Naskah Disertasi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rafiek, M. 2013. Pengkajian Sastra: Kajian Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Ramdhoni, M. Harya. 2011. Perempuan Penunggang Harimau. Bandar Lampung: Be Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.