KEEFEKTIFAN MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SMAN 1 WAYLIMA
Abstract
This study aims to describe the difference between the ability of students’ writing the arguments paragraphs which follow inquiry models and the conventional learning, and determine the effect of the inquiry model learningin increasing the ability of students’ writing arguments paragraphs. This study is quasi- experimental conducted to the student in grade X of SMAN 1 Waylima, with a population of 68 respondent. The data collected through writing arguments test and the data analysis techniques used t-test. Based on the result, that there are significant difference in the ability of students’ writing the arguments paragraphs who followed of the inquiri model and conventional learning (t-table 2.899>2,040 t-value), and the effect of the inquiry model learning was better than conventional learning with mastery rasio of the minimum criteria complenteness 81,2%>53,1%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis paragraf argumentatif siswa yang mengikuti pembelajaran model inkuiri dan model konvensional, dan mengetahui keefektifan model dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen kuasi yang dilakukan pada siswa kelas X SMAN 1 Waylima, dengan populasi 68 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui tes menulis argumentasi dengan teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis argumentasi siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri dan konvensional (t-tabel 2,899> t-hitung 2,040), dan penggunaan model inkuiri lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan rasio pencapaian ketuntasan kriteria minimum 81,2% >53,1%.
Kata kunci: efektivitas, inkuiri, menulis paragraf argumentasi.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Semi, M. Atar. 2007. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Setiyadi, Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa asing: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Djago. 2008. Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung: Angkasa
Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Refbacks
- There are currently no refbacks.