NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALIS DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Abstract
This study aims to describe the nationalist values of character education contained in novel Laut Bercerita by Leila S. Chudori and the lesson plan of literature learning in senior high school. The methods used in this study are qualitative descriptive. The data source for this study is the novel Laut Bercerita by Leila S. Chudori. The research data contained in the text of the novel in the form of events, speech or actions of the characters. This study uses documentation techniques as data collection techniques. The data analysis in this study uses data analysis techniques by Miles and Huberman. The results showed that the value of nationalist character education contained in the novel Laut Bercerita by Leila S. Chudori as much as 16 data which is manifested in an attitude of patriotism, self-sacrifice, concern for the nation, national spirit, love for the motherland, and upholding justice and human rights of the Indonesian people.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter nasionalis dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori dan rancangan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Data penelitian ini ialah data kualitatif yang terdapat pada bagian teks novel berupa peristiwa, ucapan atau tindakan tokoh. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter nasionalis yang terkandung dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori sebanyak 16 data yang terwujud dalam sikap jiwa patriotisme, rela berkorban, kepedulian terhadap bangsa, semangat kebangsaan, cinta tanah air, serta menegakkan keadilan dan hak kemanusiaan rakyat Indonesia.
Keywords: Educational Value, Nationalist, Novel
DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v11i1.2023.01
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Zainal, Adeng Hudaya, and Dinda Anjani. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” Research and Development Journal of Education 1 (1): 131–46.
Burhan, Imron, Nurul Afifah, and Sri Nirmala Sari. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Insan Cendekia Mandiri.
Hartoyo, Agung. 2010. “Menggugah Kesadaran Nasional Mempengaruhi Kebhinekaan Indonesia.” Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora 1 (2).
Hidayat, Rahmat, and Candra Wijaya. 2017. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Juanda, Juanda. 2019. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1): 39–54.
Julaeha, Siti. 2019. “Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 (2): 157.
Qodir, Abd. 2017. “Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 4 (2).
Ri, B K D, Gd Nusantara I Lt, and Jl Jend Gatot Subroto. 2020. “Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19.” Google Scholar Samsudin, S.(2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 1 (2): 50–61.
Santi, Tri, Muhammad Nurwahidin, and Sudjarwo Sudjarwo. 2022. “PERAN FILSAFAT ILMU DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DI ERA MODERN.” Journal of Innovation Research and Knowledge 2 (6): 2527–40.
Setiawan, Daryanto. 2018. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya.” JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal) 4 (1): 62–72.
Simbolon, Deby Rodearni, Esra Perangin-angin, and Suasti Murni Nduru. 2022. “Analisis Nilai-Nilai Religius, Moral, Dan Budaya Pada Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk Karya Hamka Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Basataka (JBT) 5 (1): 50–61.
Suwardani, Ni Putu. 2020. “‘QUO VADIS’ PENDIDIKAN KARAKTER: Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat.” Unhi Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.