NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALIS DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Dhaivina Gustiani Putri, Ali Mustofa, Rahmat Prayogi

Abstract


This study aims to describe the nationalist values of character education contained in novel Laut Bercerita by Leila S. Chudori and the lesson plan of literature learning in senior high school. The methods used in this study are qualitative descriptive. The data source for this study is the novel Laut Bercerita by Leila S. Chudori. The research data contained in the text of the novel in the form of events, speech or actions of the characters. This study uses documentation techniques as data collection techniques. The data analysis in this study uses data analysis techniques by Miles and Huberman. The results showed that the value of nationalist character education contained in the novel Laut Bercerita by Leila S. Chudori as much as 16 data which is manifested in an attitude of patriotism, self-sacrifice, concern for the nation, national spirit, love for the motherland, and upholding justice and human rights of the Indonesian people.


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter nasionalis dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori dan rancangan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Data penelitian ini ialah data kualitatif yang terdapat pada bagian teks novel berupa peristiwa, ucapan atau tindakan tokoh. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter nasionalis yang terkandung dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori sebanyak 16 data yang terwujud dalam sikap jiwa patriotisme, rela berkorban, kepedulian terhadap bangsa, semangat kebangsaan, cinta tanah air, serta menegakkan keadilan dan hak kemanusiaan rakyat Indonesia.

Keywords: Educational Value, Nationalist, Novel

DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v11i1.2023.01


Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal, Adeng Hudaya, and Dinda Anjani. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” Research and Development Journal of Education 1 (1): 131–46.

Burhan, Imron, Nurul Afifah, and Sri Nirmala Sari. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Insan Cendekia Mandiri.

Hartoyo, Agung. 2010. “Menggugah Kesadaran Nasional Mempengaruhi Kebhinekaan Indonesia.” Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora 1 (2).

Hidayat, Rahmat, and Candra Wijaya. 2017. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Juanda, Juanda. 2019. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1): 39–54.

Julaeha, Siti. 2019. “Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 (2): 157.

Qodir, Abd. 2017. “Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 4 (2).

Ri, B K D, Gd Nusantara I Lt, and Jl Jend Gatot Subroto. 2020. “Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19.” Google Scholar Samsudin, S.(2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 1 (2): 50–61.

Santi, Tri, Muhammad Nurwahidin, and Sudjarwo Sudjarwo. 2022. “PERAN FILSAFAT ILMU DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DI ERA MODERN.” Journal of Innovation Research and Knowledge 2 (6): 2527–40.

Setiawan, Daryanto. 2018. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya.” JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal) 4 (1): 62–72.

Simbolon, Deby Rodearni, Esra Perangin-angin, and Suasti Murni Nduru. 2022. “Analisis Nilai-Nilai Religius, Moral, Dan Budaya Pada Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk Karya Hamka Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Basataka (JBT) 5 (1): 50–61.

Suwardani, Ni Putu. 2020. “‘QUO VADIS’ PENDIDIKAN KARAKTER: Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat.” Unhi Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


7 togel

sedunia toto

slot gacor

rtp slot

situs toto

kingwoodcarcare.com

situs toto

ROGTOTO

ROGTOTO

toto togel

slot dana

slot dana

bo togel

bandar toto online

slot88

situs toto

situs toto

toto togel

togel online

slot777

topup murah

harapan777

situs toto

AMDBET

cie4d

slot thailand

slot gacor

slot online

slot maxwin

https://souzokuzei-fukuyama.com/declaration.html

situs toto

kas77

Slot gacor

slot

link jepang88

neng4d kangtoto kangtoto2

judi slot

slot gacor

barbartoto

barbartoto

toto slot

slot depo 5k

winter 4d

situs slot

toto slot 4d

toto

slot depo 10k

slot gacor

pedro4d

https://lestrarflodhestar.is/clients/

borneo303

situs gacor hari ini

katakwin

kenzototo

macauslot88

judi bola

slot gacor

LIBRA168

sensa138

tvtogel

slot gacor

SLOT GACOR 777

slot online

Podcast88

amanahtoto

slot gacor

slot

sukaspin

slot minimal depo 10k

slot777

slot gacor

slot gacor

paham777

togel macau

slot

slot gacor

7dewa

jablay123

slot gacor hari ini

slot gacor

slot

slot gacor

baut777

slot gacor

binus4d

GORILA39

toto282

slot gacor

dirgahayu4d

slot88

slot demo

slot gacor

jepara toto

dewapokerqq

gocengqq

mesinqq

slot gacor

slot hoki

slot gacor

sendok88

situs88

situs qq

slot online

BOLA SBO

slot

ASIAN4D

slot88 slot

toto slot

Slot Gacor

slot gacor

https://www.cambridgehub.org/contact

https://fsrenevis.com/caribbean-citizenship/

https://staging.prorace.be/faq/

slotgacor88

slot gacor

asian4d daftar

asian4d daftar

situs slot gacor