STUDI LITERATUR TENTANG POTENSI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
This study aims to examine the existence of Augmented Reality as a learning medium in the era of modernization. The method used in this study is a literature study. The result of this research is that Augmented Reality has a good influence as a learning medium so that it is able to keep up with the development of technology. The conclusion of this study is evident from the research articles that were carried out earlier.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji eksistensi Augmented Reality sebagai media pembelajaran di era digital. Metode yang dipakai pada penelitian yakni studi literatur. Hasil dari penelitian ini yakni Augmented Reality memiilki pengaruh yang baik sebagai media pembelajaran sehingga mampu mengikuti perkembangan teknologi yang kian berkembang. Kesimpulan penelitian ini terbukti dari artikel penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.
Keywords: Augmented Reality, student participation, fabled text, writing
Doi Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.10
Full Text:
PDFReferences
Alvionita, D., Murti, A. B., & Gani, A. R. F. (2021). Studi Literasi: Pelopor Pembelajaran Bermakna Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Topik Lingkungan Di Era Merdeka Belajar. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(2), 73–82.
Amalia, D., Rahmadayanti, A., Supriatno, B., & Riandi. (2022). Potensial Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Biologi Abad 21 : Literatur Artikel Dan Desain Inovasi Media. Best Journal: Biologi Education Science & Technology, 5(2), 43–48.
Amil, hmad J., & Rosid, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berorientasi Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas Vii Mts Negeri Bangkalan . 11(1), 58–65.
Andaria, M. (2021). Analisis Pedagogis Terhadap Kebijakan Pendidikan Di Era 4.0. Penerbit Lakeisha.
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Idrus, A., & Yudherta, A. (2016). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bacaan. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 144–155.
Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 6(1), 58–66.
Jeon, J., Hong, M., Yi, M., & Chun, J. (2016). Interactive Authoring Tool for Mobile Augmented Reality Content. 12(4), 612–630.
Kiryakova, G., Angelova, N., & Yordanova, L. (2018). The Potential of Augmented Reality to Transform Education into Smart Education Gabriela. 7(3), 556–565. https://doi.org/10.18421/TEM73-11
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174–183.
Nurhasanah, Y., & Putri, D. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Augmented Reality Pada Topik Klasifikasi Hewan Berdasarkan Habitatnya. Multinetics, 6(2), 86–98.
Ong, S. W., & Kutty, F. M. (2022). Potensi Penggunaan Augmented Reality dalam Meningkatkan Motivasi dan Penglibatan Murid Pemulihan dalam Aktiviti Penulisan. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(3), e001366–e001366.
Pangestu, A., Susanti, E., & Setyaningrum, W. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada penalaran spasial siswa. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1, 205–210.
Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317–329.
Rahmawati, I. S., Roekhan, & Nurchasanah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel Dengan Macromedia Flash Bagi Siswa Smp. 1323–1329.
Suharso, A. (2012). Model Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3D Berbasis Augmented Reality. Majalah Ilmiah Solusi, 11(24).
Veronika, R., Nurtanto, M., Ikhsanudin, I., Abdillah, H., & Kholifah, N. (2022). Studi literatur: Augmented Reality Pada Dunia Pendidikan Sebagai Kecenderungan Belajar Abad XXI. Vocational Education National Seminar (VENS), 1(1).
Zulfahmi, M. (2020). Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Dan Respon Siswa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.