STUDI LITERATUR PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA PENDIDIKAN
Abstract
Augmented reality adalah suatu konsep yang terdiri atas bentuk yang telah dikembangkan serta dilaksanakan pada ruang lingkup pembelajaran. Sehingga, penggunaan dan juga penggunaan augmented reality sebagai salah satu wadah dalam media pembelajaran dapat memberikan sebuah inovasi baru terhadap pengembangan media pembelajaran. Pemanfaat augmented reality juga bukan hanya menggunakan objek asli, melainkan menggunakan objek dalam bentuk maya sebagai penyampaian informasi. Penulisan makalah ini bertujuan sebagai pemanfaatan augmented reality pada bidang pendidikan khususnya lingkup pembelajaran yang berdasar pada kajian literatur penelitian pada bidang yang dikaji.
Augmented reality is a concept consisting of forms that have been developed and implemented in the scope of learning. Thus, the use and use of augmented reality as a medium in learning media can provide a new innovation for the development of learning media. Augmented reality users are not only using real objects, but also using virtual objects as information delivery. The purpose of this paper is to use augmented reality in the field of education, especially the scope of learning, which is based on a review of the research literature in the field being studied.
Keywords: augmented reality, Education, Learning
DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.09
Full Text:
PDFReferences
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Hartono, R., Liliana, L., & Yulia, Y. (2016). Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Hewan. Jurnal Infra. http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/4516
Hidayat, A., & Mujahiduddien, A. (2017). Pembelajaran bentuk sendi tulang manusia menggunakan konsep augmented reality. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jspendidikan/article/view/191
Putri, W. M., Bakri, F., & Permana, A. H. (2016).
Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia augmented reality pada pokok bahasan alat optik. Prosiding Seminar Nasional …. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/3954
Aji, W. N. dan D. B. P. S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79–96. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354
Zed, M., (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M. P., & Printina, B. I. (2018). the Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018 “Dunia Pendidikan Dalam Perubahan Revolusi 4.0,” 190–203. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.20.
Idrus, A., & Yudherta, A. (2016). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bacaan. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 144–155.
Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 6(1), 58–66.
Jeon, J., Hong, M., Yi, M., & Chun, J. (2016). Interactive Authoring Tool for Mobile Augmented Reality Content. 12(4), 612–630.
Kiryakova, G., Angelova, N., & Yordanova, L. (2018). The Potential of Augmented Reality to Transform Education into Smart Education Gabriela. 7(3), 556–565. https://doi.org/10.18421/TEM73-11
Refbacks
- There are currently no refbacks.