KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI MADRASAH ALIYAH (MA)
Abstract
This study aims to describe the main character of the novel Rindu by Tere Liye and to describe the results of the research on the character of the main character of the novel Rindu by Tere Liye as an alternative teaching material at Madrasah Aliyah (MA). The method used in this research is descriptive qualitative. The data source of this research is the novel Rindu by Tere Liye. The data analysis technique used is the text content analysis technique. The results showed that there were four main characters including Ahmad Karaeng (Gurutta), Daeng Andipati, Ambo Uleng and Bonda Upe. The character includes five aspects including honest character (shidq), trustworthy character (amanah), character conveying orders (tabligh) and intelligent character (fathanah). The implication of the results of this study is that it can be used as an alternative teaching material to support the character education curriculum at Madrasah Aliyah (MA).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tokoh utama yang terdapat dalam novel Rindu karya Tere Liye dan mendeskripsikan hasil penelitian karakter tokoh utama novel Rindu karya Tere Liye sebagai alternatif bahan ajar di Madrasah Aliyah (MA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah novel Rindu karya Tere Liye. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat karakter tokoh utama meliputi Ahmad Karaeng (Gurutta), Daeng Andipati, Ambo Uleng dan Bonda Upe. Karakter tersebut meliputi lima aspek diantaranya karakter jujur (shidq), karakter terpercaya (amanah), karakter menyampaikan perintah (tabligh) dan karakter cerdas (fathanah). Implikasi hasil penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar untuk mendukung kurikulum pendidikan karakter di Madrasah Aliyah (MA).
Keywords: Main character, the novel Rindu, implications.
DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i1.2022.04
Full Text:
PDFReferences
BYL, Jein Jeyklin. (2016). “Analisis karakter Tokoh Utama dalam Novel Lolita Karya Vladimir Nabokov”. Skripsi. Manado: Universitas Sam Ratuangi.
Endraswara, Suwardi. (2008). Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Medpress.
Hidayat, Yeni. (2021). Kajian Psikologi Sastra dalam Novel Negeri 5 Menara. Solo: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia (YLGI).
Hidayati, E. S., Wardiah, D., & Ardiansyah, A. (2021). “Klasifikasi Emosi Tokoh Dalam Novel Titian Takdir Karya W Sujani (Kajian Psikologi Sastra)”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5, No.1, hlm. 52
Kemendikbud. (2017). “Peta Jalan Penguatan Pendidikan Karakter”. (https://paska.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2018/08/170822-V.2-PPK-.pdf). Diakses pada hari Jumat, 08 Oktober 2021, pukul 10.26 WIB.
Liye, Tere. (2018). Rindu. Yogyakarta: PT Sabak Grib Nusantara.
Masruroh Lubis. (2018). “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam dan Barat (Studi Komparatif Pemikiran Nashih Ulwan dan Thomas Lickona).” Jurnal Al-Fikru. Vol.12, No. 2.
Minderop, Albertine. 2011. Psikologi Sastra.
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosdakarya.
Muchtar, Achmad Dahlan, dan Suryani, Aisyah. (2019). “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaaah Pemikiran atasKemendikbud)”. Jurnal Pendidikan. Vol. 3, No. 2, hlm. 51.
Mujib, Abdul. (2017). Teori Kepribadian Perspektif Psikologi islam. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Nahdly, M. As‟ad. (2021). “Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs Darul Hikmah Parasung”. Jurnal Studi Islam. Vol. 17, No. 02, hlm. 322
Nasihatun, Siti. (2019).”Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam dan Strategi Implementasinya”. Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Agama. Vol. 7, No. 2, hlm. 330.
Oktavia, Maya. (2016). “Kepribadian pada Tokoh dalam Novel Rindu Karya Tere Liye dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA.” Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.
Permana, Ujang., Maulana, Darmasta, & Mariyazni, Nisa Siti. (2022). “Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Pembinaan Moral Remaja.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia. Vol. 2, No. 1, hlm. 155–161.
Permendikbud, Nomor 20 Tahun 2018. (2018). Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Rahayu, Naidi Pertiwi; Lestari, Rizki Sri; Anjani, Citra; Firmansyah, Dida. (2018). “Aspek Kepribadian Tokoh Utama Dalam Cerpen Cerita Pendek Yang Panjang Karya Hasta Indriyana, Kajian Psikologi Sastra, dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1, No. 2, hlm. 118.
Ramadhan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).
Saiful. (2022). “Implementasi Pendidikan Karakter: Perspektif Al- Ghazali&Thomas Lickona di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Meunara Baro Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 11, No.01, hlm. 723
Semi, M. Atar. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: CV Angkasa.
Sholeh, Moch Lukman Nur. (2015). “Analisis Karakter Tokoh Utama dalam Novel Bumi Cinta Karangan Habiburrahman El Shirazy”. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Wardani, Yoan Fucshy. (2018). “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rindu Karangan Tere Liye: Tinjauan Psikologi Karakter”. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Wiyatmi, 2011. Psikologi Sastra (Teori dan Aplikasinya). Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter, Depok: Rajawali Pers.
Refbacks
- There are currently no refbacks.