Pengembangan Modul Menulis Sastra Lama Berbasis Photo Story Untuk Siswa SMP
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengembangan modul menulis sastra lama berbasis photo story. Tujuan penelitian yakni menghasilkan produk modul dan mendeskripsikan kelayakan modul “Kiat Praktis Menulis Sastra Lama”. Metode penelitian menggunakan tujuh dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian pengembangan menurut Borg and Gall. Teknis pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket di tiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan 1) berhasil dikembangkan modul “Kiat Praktis Menulis Sastra Lama”, 2) kelayakan modul secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan persentase penilaian 84, 76, dan 94, penilaian guru bahasa Indonesia diperoleh skor rata-rata 91,6%, penilaian 90 siswa saat uji lapangan luas diperoleh skor rata-rata sebesar 81,77% .
Kata kunci: Menulis Sastra Lama, Modul, dan Photo story
References
Belawati, Tian. 2003. Materi Pokok Pengembangan Bahan Ajar Edisi Ke Satu. Jakarta: Universitas Terbuka.
Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1989. Educational Research: An Introduction, Fifthy. Edition. New York: Longman.
Cahyani, I. (2012). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter Experiental Learning. Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar SPS UPI.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media.
Hsiao, ChingYuan & Pei-Yu Shih.2015. The Impact of Using Picture Books with Preschool Students in Taiwan on the Teaching of Environmental Concepts. Taiwan: International Education Studies. Vol. 8, No.3 https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1060971.pdf Diunduh 9 Maret 2020 Pukul 21.30 WIB.
Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Masruroh, Ana. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman (Experiantial Learning) untuk Siswa SMP/MTs.Yogyakarta: UNY.
Sadiman, Arief S.dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.. Jakarta: Rajawali.
Suciati, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Utami, Khotimatunnisa, dkk. 2016. Penerapan Model Time Token dengan Media Photo Story untuk Meningkatkan Keterampilan
Bercerita pada Siswa Kelas IV SD. Surakarta: Jurnal Kalam Cendekia, Volume 4, Nomor 6.1, hlm. 674—679
Refbacks
- There are currently no refbacks.