Pengembangan LKPD Menulis Teks Deskripsi Berbasis Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik SMP Kelas VII
Abstract
This study aims (1) to produce LKPD products writing description text based on character values, (2) Describe the feasibility of LKPD writing description text based on character values developed based on the assessment of material experts, media experts, practitioners, teachers and students. This study adapted research and development (R&D) by Borg and Gall. The character value in this LKPD, the value of the main character that is sourced from the PPK Pancasila. This research was conducted in three schools including SMPN 3 Katibung, MTs Nur El Ihsan Katibung, and MTs. GUPPI 1 Babatan Katibung. The results of this study indicate that (1) has produced "LKPD writing description text based on character values", (2) the results of the LKPD feasibility study as a whole were declared "very feasible" based on assessments by material experts, media experts, practitioners, Indonesian language teachers and students.
Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan produk LKPD menulis teks deskripsi berbasis nilai-nilai karakter, (2) Mendeskripsikan kelayakan LKPD menulis teks deskripsi berbasis nilai-nilai karakter yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi, guru dan peserta didik. Penelitian ini mengadaptasi penelitian pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall. Nilai karakter dalam LKPD ini, yakni nilai karakter utama yang bersumber pada pancasila PPK. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga sekolah meliputi SMPN 3 Katibung, MTs Nur El Ihsan Katibung, dan MTs. GUPPI 1 Babatan Katibung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) telah menghasilkan “LKPD menulis teks deskripsi berbasis nilai-nilai karakter”, (2) hasil penelitian kelayakan LKPD secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media, praktisi, guru bahasa Indonesia dan peserta didik.
Kata Kunci : LKPD, Teks Deskripsi, Nilai karakter
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Anggota IKAPI
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Indriyani, Vivi. 2017. The Development Teaching of Writing Fable Text Module with Project Based Learning (PjBL) Containing Characters. Malaysia : Aesteel. (Jurnal)
Juwita , Ana. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Sastra Berbasis Cerita Rakyat Asal-Usul Way Linti Dan Asal Usul Koto Bumi Untuk Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Siswa Kelas VII SMP. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2010. Metode Penelitan dan Pengembangan Research and Devolopment.Yogyakarta: Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Wiryanti, Ni Kadek Devi dkk. Pengembangan Materi Ajar Teks Deskriptif Berbasis Budaya Lokal Guna Mendukung Pembelajaran Memahami Teks Tanggapan Deskriptif Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja.Universitas Pendidikan Ganesha (Jurnal)
Refbacks
- There are currently no refbacks.