HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA OTORITER DENGAN PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH

Marlinda Marlinda, Yusmansyah Yusmansyah, Syarifuddin Dahlan

Abstract


The aim of research is to recognize the correlation between care pattern of authoritarian parents towards bullying behavior. The method used was quantitatively descriptive method using correlation approach. The subject of research are 30 students who did bullying behavior towards eighth grader student of SMP N 1 Abung Selatan Kotabumi Lampung Utara academic year 2013/2014. The result of research showed that there was correlation between of care pattern of aurhoritarian parents towards bullying behavior with coefficient correlation was 0,500 andinterval of 0,400-0,599. Therefore, the correlation degree was average and Ha was acceptable. These research concluded that there was a correlation among care pattern of authoritarian parent towards bullying behavior of student.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua yang otoriter dengan perilaku bullying. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa yang melakukan Perilaku bullying pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Selatan Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua otoriter dengan perilaku bullying nilai koefisien korelasi sebesar 0,500 dan berada pada interval 0,400-0,599 maka tingkat hubungan sedang dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara pola asuh orang tua otoriter dengan perilaku bullying pada siswa.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, perilaku bullying, pola asuh orangtua


Full Text:

PDF

References


Aprimaryanti. 2004, Hubungan Antara Gaya Pengasuhan Orang Tua dengan Kreativitas Pada Remaja Madya. Jakarta: Grasindo

Al-Mighwar, Muhammad. 2006. Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia

Iskandar. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press (GP Press)

Papalia, D.E, DKK. 2008. Human development (Psikologi Perkembangan) Edisi Kesembioan. Jakarta: Kencana

Parsons, L.2009. Bullied Teacher Bullied Student Guru dan Siswa yang Terintimidasi. Jakarta: Grasindo

Satiadarma, M,P. 2001. Persepsi Orangtua Membentuk Perilaku Anak: Dampak Pygmalion di dalam Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Wiyani, Novan Ardi. 2012. Save our children from school bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.