PENGGUNAAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN CALON MAHASISWA DALAM MENGHADAPI SBMPTN
Abstract
The purpose of this research is to reduce anxiety of the prospective students in facing the audition with college admission through counseling by using systematic desensitization techniques. The problem of the research was caused by anxiety in facing of SBMPTN. The reseacrch is a quasi experimental design with the type of pretest postest design. The subjects of the research were 8 prospective students who have high anxiety. The technique in collecting the data of the research was using quisioner. The result showed the anxiety prospective students that can be reuse systematic desensitization techniques, as evidenced from analysis of the data by using t-test. The pretest and posttest results obtained tcount>ttable (7,136>2,365). Then Ha is accepted, it means that desensitization techniques can be decreased anxiety prospective students in facing the audition with college admission year 2014/2015.
Tujuan penelitian ini untuk mengurangi kecemesan calon mahasiswa dalam menghadapi seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri melalui konseling dengan teknik desensitisasi sistematis. Masalah dalam penelitian ini terjadi kecemasan dalam menghadapi SBMPTN. Penelitian ini bersifat quasi eksperimental dengan jenis pretest postest design. Subjek penelitian sebanyak 8 calon mahasiswa yang memiliki kecemasan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan kecemasan calon mahasiswa dapat dikurangi menggunakan teknik desensitisasi sistematis, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji-t. Hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,136 > 2,365). Dengan demikian Ha diterima, artinya teknik desensitisasi sistematis dapat mengurangi kecemasan calon mahasiswa dalam menghadapi seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) tahun pelajaran 2014/2015.
Full Text:
PDFReferences
Abimanyu, Soli & Manrihu. 1996. Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Atkinson, R. 1996. Pengantar Psikologi Edisi ke Delapan Jilid 2.Jakarta: Erlangga
Davidoff,L. 1991. Psikologi Suatu Pengantar Edisi Ke Dua Jilid 2. Jakarta:Erlangga
Duran, V.M. & Barlow, D.H. 2006. Essentials of Abnormal Psychology. 3rd. California: Thomson Learning, Inc
Goleman, D. 1997. Kecerdasan Emosional. Diterjemahkan oleh Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Hawari, Dadang. 2006. Manajemen Stres, Cemas dan Depresi. Jakarta: Gaya Baru.
Riyanti.Astutik 2007. Upaya Menurunkan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Menggunakan Teknik Desensitisasi Sistematis Pada Siswa Kelas VIII Unggulan SMP Negeri 1 Abung Semuli Lampung Utara Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi: Universitas Lampung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sundari, Siti. 2005. Kesehatan Mental dalam Kehidupan. Jakarta: Rineka Cipta.
Willis, Sofyan. 2004. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Wiramihardja, A. Sutardjo. 2007. Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Rineka Aditama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.