UPAYA MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI

Agustina Ari Setianingrum, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


The purpose of this research is to find out the reduction of public speaking anxiety by using relaxation techniques. The method was quasi experimental with time series design. There are 6 students of class VIII who have high public speaking anxiety. Data collection techniques used from observation. The results obtained indicated that public speaking anxiety can be reduced by using relaxation techniques. It can be seen from the results of data analysis by using the Wilcoxon test, the results of pretest and posttest obtained z score= -2.207<z table= 0 then, Ho is rejected and Ha accepted, which means that there is a decrease of public speaking anxiety after following relaxation training. The conclusion was public speaking can be reduced by using relaxation techniques in students of class VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung year of 2012/2013.

 

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan kecemasan berbicara di depan umum dengan menggunakan teknik relaksasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan time-series design. Subjek penelitian ini sebanyak enam orang siswa kelas VIII yang memiliki kecemasan berbicara di depan umum tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan pedoman observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan berbicara di depan umum dapat dikurangi dengan menggunakan teknik relaksasi. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh z hitung= -2.207<z tabel= 0 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat penurunan kecemasan berbicara di depan umum setelah mengikuti latihan relaksasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kecemasan berbicara di depan umum dapat dikurangi dengan menggunakan teknik relaksasi pada siswa kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci : bimbingan dan konseling, kecemasan berbicara di depan umum, teknik relaksasi

 

 


Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S. & Thayeb M. 1996. Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Anwar, I.D.A. 2010. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. (Online). Skripsi. Fpsi, USU. (http://repositiry.usu.ac.id/bitstream/123456789/14504/1/10E00001.pdf, diakses pada 17 Oktober 2012).

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Dewi, A.P. & Andrianto, S. 2008. Hubungan Antara Pola Pikir Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan. (Online). Skripsi. (http://www28.indowebster.com/ac2d8c89734f144a40a1a4f5790e6a83.phdf, diakses pada 3 Nopember 2013).

Gunarsa, S. 2000. Psikologi Praktis : Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta : PT BPK Gunung Mulia.

McCroskey, J. 1984. The Communication Apprehension Perspective. (On Line). (http://www.jamescmccroskey.com/publications/bookchapters/003_1984_C1.pdf, diakses pada 3 Nopember 2013).

Santoso, A.M.R. 2001. Mengembangkan Otak Kanan. Jakarta: Pustaka Gramedia.

Sukardi, D.K. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Supriatna, M. 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi : Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta : Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.