MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DENGAN KONSELING KELOMPOK

Putri Noviani, Yusmansyah Yusmansyah, Ranni Rahmayanthi Zulkifli

Abstract


The purpose of this study was to determine the increased in student discipline by used group counseling services. The method used in this study was a quasi-experimental one group pretest-posttest design. Subjects of this study were six students who had low learning discipline. Data collection techniques in this study were using observation and interviews. These results indicated an increased in student discipline by using group counseling services, it is proofed from the results of the pretest and posttest were obtained and analyzed using the Wilcoxon test with a significance level of 0.5, the results obtained Zoutput = -2.207 and Ztabel = 0, Zoutput ≤ Ztabel, then Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of this study is that an increasing in learning discipline after attending group counseling services in class X SMA Negeri 1 Kalirejo the Academic Year 2012/2013.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan belajar siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok.Metode yang digunakan dalam penelitian ini quasi eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini sebanyak enam orang siswa yang memiliki kedisiplinan belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan terjadi peningkatan kedisiplinan belajar siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok, hal ini terbukti dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi 0,5, diperoleh hasil Zhitung = -2,207 dan Ztabel = 0. Karena Zhitung ≤ Ztabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan kedisiplinan belajar setelah mengikuti layanan konseling kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci : bimbingan konseling, kedisiplinan belajar siswa, konseling kelompok.

Full Text:

PDF

References


Astuti, Desi Margi. 2008. Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Dengan Menggunakan Teknik Reinforcement Positif Pada Siswa Kelas VIII Mts Nurul Iman Gedongtataan Tahun Pelajaran 2007/2008. UNILA.

Hurlock, Elizabeth B. 1999. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.UNP

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2002. Layanan Konseling Kelompok

Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Wibowo, Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Jakarta: Unres Pres


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.