MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN BERLALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK

Christina Damayanti, Giyono Giyono, Ranni Rahmayanthi Zulkifli

Abstract


The aim of this research was to determine that traffic discipline behavior can be increased by using group counseling. Problem of this research was student’s low traffic discipline behavior. Method used quasi-experimental one-group pretest-posttest design. Subject were six students of grade XI who have low traffic discipline behavior. Data collecting techniques used traffic discipline behavior’s questionnaire. The result showed that  traffic discipline behavior can be increased by using group counseling, it is proved from the result of data analysis by using Wilcoxon test, based on the result of pre-test and post-test it showed Zoutput<Ztable (-2,207<0), thereby, Ha was accepted, it means traffic discipline behavior can be increased by using group counseling. Conclusion for this research was traffic discipline behavior can be increased by using group counseling for the students of grade XI in SMA Bina Mulya Bandar Lampung Academic Year of 2012/2013.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui apakah perilaku disiplin berlalu lintas dapat ditingkatkan menggunakan konseling kelompok. Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku disiplin berlalu lintas siswa rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini sebanyak enam siswa kelas XI yang memiliki perilaku berlalu lintas rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket perilaku disiplin berlalu lintas. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perilaku disiplin berlalu lintas siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok, ditunjukkan dari hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest diperoleh z output<z tabel (-2,207<0), maka Ha diterima, yang artinya perilaku disiplin berlalu lintas siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah perilaku disiplin berlalu lintas dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok pada siswa kelas XI SMA Bina Mulya Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: berlalu lintas, disiplin siswa, konseling kelompok


Full Text:

PDF

References


Ancok, D. 2004. Psikologi Terapan. Yogyakarta: Darussalam.

Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung : PT. Refika Aditama

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghali Indonesia

Sarwono, Sarlito. 2004. Teori-Teori Psikologi Sosial. Balai Pustaka : Jakarta

Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan.

Wardhana, D. 2009. Panduan Aman Berlalu lintas. Jakarta: Kawah Pustaka.

Wibowo, Mungin. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT Unnes Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.