Peningkatan Efikasi Diri melalui Konseling Kelompok Teknik Modeling pada Siswa SMP
Abstract
The research problem is low self-efficacy. The purpose of this research was to determine the effectiveness of modeling techniques group counseling in improving self-efficacy.The method used in this research was quasi experiment design of non equivalent control group design. The research subjects used an experimental group of 8 people and a control group of 8 people. Data collection techniques used a self-efficacy scale. The results of data analysis using the Mann Whitney test showed the value p=0.002, p< 0.05, its mean that Ho was rejected and Ha was accepted. The results also showed an increase in self-efficacy by 18.53% after being given the group counseling modeling technique. The conclusion is that modeling technique group counseling can improve the self-efficacy of class IX students of SMP Negeri 25 Bandar Lampung in Academic Year 2019/2020.
Masalah penelitian adalah efikasi diri rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui kefektifan konseling kelompok teknik modeling dalam meningkatkan efikasi diri. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi exsperiment dengan desain non equivalent control group design. Subjek penelitian menggunakan kelompok eksperimen sebanyak 8 orang dan kelompok kontrol sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri. Hasil analisis data dengan uji Mann Whitney test menunjukan nilai p=0.002, p < 0.05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian juga menunjukan terjadi peningkatan efikasi diri sebesar 18.53% setelah diberikan perlakuan konseling kelompok teknik modeling. Kesimpulannya adalah konseling kelompok teknik modeling dapat meningkatkan efikasi diri siswa kelas IX SMP Negeri 25 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020.
Kata kunci: efikasi diri, konseling kelompok, modeling
Full Text:
PDFReferences
Adiningrum, W. (2017). Pengaruh Koseling Kelompok Teknik Modeling Terhadap Kedisiplinan Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 6 (4), 57-61.
Ghufron, M. N. & Rini, R. S. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Hardianto, G. (2014). Hubungan Antara Self-Efficacy Akademi dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor. 3 (1).
Herdian, A. (2019). Teknik Modeling: Sebuah Alternatif dalam Peningkatan Self Efficacy Akademik. Indonesian Journal of School Counseling. 4 (3), 89-94.
Komalasari, G. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Permata Puri Media.
Navion, F. P. (2016). Hubungan Efikasi Diri Akademik, Harga Diri, Keterampilan Menetapkan Tujuan, dan Berpikir Kreatif dengan Prestasi Akademik Siswa SMPN di Kota Malang. Nusantara of Research. 3 (2), 111-121.
Putra, A. D. (2014). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Mengoptimalkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Singaraja. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. 2 (1).
Rumiani, N. W. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Teknik Modeling melalui Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Bela-jar Siswa Kelas VIII 6 SMPN 2 Singaraja. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. 2 (1).
Rustika, I. M. (2012). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi. 20 (1-2), 18-25.
Sintadewi, N. D. (2014). Efektivitas Model Konseling Behavioral Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. 2 (1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pen-didikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutama, G. A. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja. Singaraja. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. 2 (1).
Widaryati, S. (2013). Efektivitas Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Efi-kasi Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling “PSIKOPEDAGODIA”. 2 (2), 94-100.
Wijayanti, D. N. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Teknik Modeling Simbolik Terhadap Self-Efficacy Pengambilan Keputusan Studi Lanjut. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 5 (2), 54-57.
Wulandari, V. (2019). Penerapan Layanan Konseling dengan Teknik Modeling Partisipan untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Saat Mengemu-kakan Pendapat Pada Kelas XI IPS 3 di SMAN 2 Karawang. Jurnal BK Unesa. 9 (2), 14-27.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.