Peningkatan Self Regulation dalam Belajar Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi

Dinny Suryani, Yusmansyah Yusmansyah, Citra Abriani Maharani

Abstract


The problem of this research was students who had low self regulation. The research aimed to know the increase of self regulation in learning by using discussion technique of counseling group service for tenth grade students of SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung in academic year 2019/2020. The method of the research applied a pre-experimental with one group pretest and posttest design. Sample of this research used purposive sampling technique. The total of research subjects was ten students from X IPS 2 who had low, medium, and high level self regulation in learning. Data collection technique used a self regulation scale in learning. The data analysis used Wilcoxon test. It indicated that there was an increase of self regulation in learning. Based on the pretest and the posttest result of self regulation, it showed that Zscore = -2,805 < Ztabel = 1,645,so Ho was rejected and Ha  was accepted. It could be concluded that the self regulation could be improved by using discussion techinque of counseling group service for tenth grade students of SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung in academic year 2019/2020.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah self regulation siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self regulation dalam belajar menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan one group pretest and posttest design. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas X IPS 2 yang memiliki regulasi diri dalam belajar rendah, sedang, dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self regulation dalam belajar. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon, penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan self regulation dalam belajar siswa berdasarkan hasil pretest dan posttest self regulation dalam belajar diperoleh bahwa Zhitung = -2,805 < Ztabel = 1,645, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah self regulation dalam belajar dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: bimbingan kelompok, bimbingan dan konseling diskusi kelompok, self regulation dalam belajar


Full Text:

PDF

References


Erlangga. 2017. Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Psikologi Ilmiah. Semarang : Universitas Semarang. Volume 4 Nomor 1. Tahun 2017. (https://journal.uinsgd.ac.id/index.p hp/psy/article/view/13 32) Diakses pada Tahun 2018.

Ghufron. 2010. Teori-teori Perkembangan. Refika Aditama: Bandung.

Harnes. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngariboyo. Jurnal BK UNESA. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. Volume 3 Nomor 1. Tahun 2013. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3366/6040) Diakses pada Tahun 2018.

Khafidhoh. 2018. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Modelling untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Siswa SMP Negeri 13 Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Volume 4 Nomor 2. Tahun 2018. (https://journal.unnes.ac.id/sju/inde x.php/jubk/article/download/9935/6382) Diakses pada Tahun 2018.

Lubis. 2017. Bimbingan Kelompok dengan teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. Bengkulu : Universitas Bengkulu. Volume 1 Nomor 1. Tahun 2017. (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia/article/download/3982/2216) Diakses pada Tahun 2018.

Normanita. 2018. Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Cinematheraphy Berpengaruh Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 1 Demak. Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Volume 7 Nomor 3. Tahun 2018. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/18416) Diakses pada Tahun 2018.

Nursafitri. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Hubungan Interpersonal Siswa. Jurnal BK UNESA. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. Volume 3 Nomor 1. Tahun 2013. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3371/5834) Diakses pada Tahun 2018.

Pranoto. 2018. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Regulation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Indonesia Journal Of Education Counseling. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Volume 2 Nomor 1. Tahun 2018. (http://ijec.ejournal.id/index.php/counseling/article/view/24) Diakses pada Tahun 2018.

Putro. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Regulated Learning. Magelang : Universitas Muhammdiyah Magelang. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. Volume 3 Nomor 1 Tahun 2018. (https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JBKI/article/view/508/pdf) Diakses pada Tahun 2019.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.

Sunarwi. 2018. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Self Regulation. Jurnal Sosioedukasi. Banyuwangi : Universitas PGRI Banyuwangi. Volume 7 Nomor 1. Tahun2018.(http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/274/182) Diakses pada Tahun 2019.

Umaya. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Sudoku Word Group untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa SMP Negeri 6 Tuban. Jurnal BK UNESA. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. Volume 3 nomor 1 Tahun 2013. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3216/5923) Diakses pada Tahun 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.