Peningkatan Kosep Diri Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Pada Siswa

Ardana Dila Iswari, Yusmansyah Yusmansyah, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The problem in this study is the low self-concept of students. The problem in this research is “can the self-concept of the students be upgraded by using group guidance service with discussion technique?”. The purpose of this research is to improve the self-concept of the students by using group guidance service with discussion technique. This research method is pre-exsperimental with one-group pretest-posttest design. The subjects of this research are 12 students who have low, medium, and high self-concept. This research uses self-concept scale as data collection technique. The pre-test and post-test data analysis using the Wilcoxon test obtains Zscore = -3.059 < Ztable0.05 = 1.645. Thus, Ha is accepted, which means that self-concept in elevent grade students can be increased by using Group Guidance Service With Discussion Techniques at Public Vocational High School 1 Terbanggi Besar academic year 2018/2019.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya konsep diri siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah konsep diri siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi?”. Tujuan penelitian untuk meningkatkan konsep diri siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Metode yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan desain one-group pretest-posttest.Subjek penelitian ini sebanyak 12 siswa yang memiliki konsep dirirendah, sedang dan tinggi. Penelitian ini menggunakan skala konsep diri sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data pre-test dan post-test menggunakan uji Wilcoxon memperoleh Zhitung = -3,059 <Ztabel0,05 = 1,645. Dengan demikian, Ha diterima, yang berarti bahwa konsep diri pada siswa kelas XI dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi di SMK Negeri 1 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, diskusi kelompok, konsep diri


Full Text:

PDF

References


Ardiyanta, N. 2014. Meningkatkan Konsep Diri Positif Dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. ALIBKIN. Universitas Lampung Vol 3 No.2 Tahun 2014

Astuti, W. 2015.Peningkatan Konsep Diri Positif Siswa Dengan Layanan Bimbingan Kelompok. ALIBKIN. Universitas Lampung. Vol 4 No.3. Tahun 2015

Faria, I, W. 2011. Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. ALIBKIN.Universitas Lampung. Vol 3 No.4

Irawan, E. 2010. Evektivita Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja: Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Yapema Gadingrejo Lampung.PSIKOPEDAGOGIA. UAD Vol 2 No.1 Tahun 2013

Muslifar, R. 2015. Efektifitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan kelompok Dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif. JBK. Universitas Mulawarman

Negara, S, Y. 2014. Upaya Meningkatkan Konsep Diri Positif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Peranan Pada Siswa Kelas XI IPS 1. GUSJIGANG. Vol 3 No 2. Universitas Muria Kudus

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang

Surna. 2014. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Widodo, H. 2019. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perkembangan Konsep Diri Positif Siswa Di SMKS-PP Swasta Putra Jaya Stabat Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2016/2017. JSBK. STKIP Budidaya. Vol.8 No.1 Tahun 2019

Wiyarti, P. 2019. Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Mind Map Pada Siswa Kelas X Mipa 9 SMA 1 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.EMPATI.Universitas PGRI Semarang Vol 6 No 1 Tahun 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.