Penggunaan Bimbingan Kelompok Teknik Informasi dalam Kemantapan Rencana Karir
Abstract
The problem of the research was whether information technique of group guidance could be used to increase the stability of the student's career plan. The objective of this study was to find out the improvement in career plan stability by using the information technique of group guidance services for the nine grade students of SMPN 22 Bandar Lampung in the academic year 2018/2019. The method in this study was pre-experimental. The research subjects were 8 students who had low career plan stability. The results of data analysis used the Wilcoxon Matched Pairs Test which gained = -2.521 < = 1.645. It meant Ho was rejected and Ha was accepted. Briefly, it could be concluded that the information technique of group guidance could be implemented to increase the consistency of the career plan for the nine grade students of SMPN 22 Bandar Lampung in the academic year 2018/2019.
Permasalahan penelitian adalah apakah bimbingan kelompok teknik informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kemantapan rencana karir siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemantapan rencana karir dengan layanan bimbingan kelompok teknik informasi pada siswa kelas sembilan SMPN 22 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperiment. Subjek penelitian sebanyak 8 orang siswa yang memiliki kemantapan rencana karir yang rendah. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test, diperoleh = -2.521 < = 1.645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitan adalah bimbingan kelompok teknik informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kemantapan rencana karir pada siswa kelas sembilan SMPN 22 Bandar Lampung Tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci: bimbingan konseling, kemantapan rencana karir, teknik informasi
Full Text:
PDFReferences
Arifah. (2005) Pengaruh Bimbingan Karir Terhadap kemandirian Siswa Dalam Memilih Karir Pada Siswa Kelas III SMK Negri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) Tahun Pelajaran 2005/2006 Semarang. Jurnal BK UNESA. Surabaya: Universitas Negeri surabaya. Vol 3 No 1. Tahun 2005
Evi, M. S. (2014) Penerapan Bimbingan Kelompok Untuk Kemantapan Pilihan Karier Siswa Kelas X-3 SMA Sunan Drajat Sugio-Lamongan. Jurnal Konseling. Jurnal BK UNESA. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Vol 4 No 3. Tahun 2014
Geima, R. T. (2017) Peran Bimbingan Kelompok Terhadap Pilihan Karir Siswa Dengan Menggunakan Media Pohon Karir Pada Siswa Kelas VII SMP NEGERI 1 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Konseling. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Vol 4 No 1. Tahun 2017
Hanim, M. I. (2013) Layanan Informasi Karier Melalui Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti. Jurnal BK UNESA. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Vol 3 No 1 . Tahun 2013
Hidayati, R. (2015) Layanan Informasi Karir membantu Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang. Kudus: Univeristas Muria Kudus. Vol 1 No 1. Tahun 2015.
Prayitno. (2004) Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.
Priambodo, A. (2017) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Permainan Kartu Karir Terhadap Sikap Pilihan Karir. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Vol 6 No 3. Tahun 2017.
Resi. (2017) Pengaruh Layanan Informasi Tentang Pemahaman Karir Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas X TKK Dan TKJ SMK Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa. Riau: Universitas Negeri Riau. Vol 2 No 2. Tahun 2017
Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Witriani, R. (2015) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Karir Siswa Dalam Memasuki Perguruan Tinggi Kelas X SMA NEGERI 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Online Mahasiswa. Riau : Univeristas Negeri Riau. Vol 2 No 2. Tahun 2015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.